Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM – SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM

Ilustrasi Produk camilan umkm./DOk.Ist

BATAM – Dosen Universitas Putera Batam berikan pelatihan branding product, dan digital marketing guna melatih keterampilan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Batam.

Pelatihan yang ditujukan pada UKM Maju Jaya Kota Batam ini dilakukan oleh Rizki Prakasa Hasibuan, M. Khoiri, dan Syaifulah.

Syaifulah mengatakan, persoalan utama UMKM biasanya adalah pada brnading dan pemasaran. Untuk itu dengan pelatihan seperti ini ia berharap dapat menstimuli pelaku UMKM untuk membranding produknya dan packaging produk lebih baik.

“Kegiatan ini berhasil memberikan pemahaman pemasaran produk melalui platform digital kepada pelaku usaha UKM Maju Jaya Kota Batam dalam meluaskan pasar produk dan meningkatkan pendapatan.”

“Pelaku usaha UKM penting melalukan pemasaran produk secara digital untuk pengembangan usaha agar dapat bersaing dan pemasaran lebih luas,” jelas Syaiful.

Ditengah kondisi pandemi begini, menurut Syaifulah, ada perubahan perilaku konsumen yang sebenarnya memberikan peluang besar bagi UMKM untuk memasarkan produk lebih luas dan lebih murah.

“Pemilihan sosial media yang tepat menjadi satu hal yang harus dilakukan karena banyaknya media sosial yang tersebar di dunia maya,”ujarnya.

Persoalan lain yang dihadapi pelaku UMKM biasanya adalah belum cukupnya pengetahuan mengenai strategi pemasaran produk, pembuatan produk masih dilakukan manual, dan teknik foto produk yang seadanya.

“Belum adanya pemanfaatan digital marketing dalam pemasaran berbasis internet menjadikan UKM tidak bisa menangkap peluang pemasaran ini,” kata dia.

Sementara itu, M Khiri mengatakan bahwa, pelatihan ini dilakukan selama 5 kali pertemuan sejak bulan September hingga Oktober 2020 lalu. Khoiri juga menjelaskan apa dampak dari pelatihan yang mereka lakukan.

“Sekarang mereka mulai memasarkan produk melalui marketplace yang sudah tersedia seperti di platform facebook,” ucapnya.

Hanya saja menurut dia, kegiatan-kegiatan seperti ini tidak mungkin efektif jika dilakukan hanya sekali saja.

“Perlu kegiatan yang secara kontinyu dilakukan untuk betul-betul menumbuhkan UMKM yang kuat dan memahami pemanfaatan perkembangan teknologi,” pungkasnya./Din

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top