Pemko Ajukan RPJMD, Begini Tanggapan Ketua DPRD Batam | SWARAKEPRI.COM
DPRD BATAM

Pemko Ajukan RPJMD, Begini Tanggapan Ketua DPRD Batam

Ketua DPRD Batam Nuryanto (foto : dok.swarakepri)

BATAM – Pemerintah Kota Batam mengajukan perubahan rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Perubahan itu yang kemudian dibahas dalam Musrenbang ditingkat kota Batam, sebelum disahkan di paripurna DPRD Batam. Dalam penyusunan itu, DPRD Kota Batam, menyampaikan garis-garis besar poin usulan dalam penyusunan RPJMD.

Secara garis besar, Ketua DPRD Batam, Nuryanto saat Musrenbang Tingkat Kota Batam, menyampaikan semua anggota dewan, sudah memasukkan usulan, untuk dimasukkan dalam RPJMD. Sehingga, antara aspirasi yang disampaikan pemerintah tingkat kelurahan hingga tingkat kota, dapat disinkronkan dengan usulan masyarakat, melalui dewan.

‎Dimana, usulan-usulan DPRD Batam, dalam RPJMD, menjadi rambu-rambu bagi pemerintah, dalam menjalankan pembangunan kedepan. Sehingga, Batam sebagai tumpuan harapan banyak pihak untuk memulihkan ekonomi Kepri, dapat tercapai.
Nuryanto

“Sehingga sinergi pemangku, mutlak dibutuhkan. Singkirkan ego. Bukti sinergi, pemangku di Batam, berkumpul dan duduk bersama,” himbau Nuryanto.

Disampaikan Nuryanto, dalam proses pembangunan kedepan, usulan yang berkembang dalam usulan DPRD Batam, terkait dengan pengembangan infrastruktur. Pihaknya mengapresiasi Pemko yang melakukan pembangunan jalan. Namun diingatkan, ‎pembangunan jalan harus memperhatikan tanggungjawab pengelolaan.

“Jalan itu, ada jalan nasional, provinsi dan kota. Ini harus diperhatikan. Sehingga tidak menimbulkan persoalan lain di Batam kedepan,” tegasnya.

Pemko juga disampaikan untuk bisa mengembangkan dan mengelola Batam, dengan memperhatikan, upaya memenuhi kebutuhan pangan. Sehingga diminta agar ada upaya melakukan pembangunan pertanian di pulau yang potensial dijadikan lahan pertanian.

Harapannya, dapat mengurangi ketergantungan pangan di Batam dengan daerah lain. Selanjutnya, pengembangan pulau untuk pertanian, dapat dikembangkan sebagai wisata holtikultura. Demikian dengan potensi dibangun lokasi pelelangan ikan untuk Batam. Hal ini dinilai penting, dalam menjaga stabilitas harga di Batam.

“Industri kreatif penting dikembangkan agar muncul startup di Batam. Kembangkan UMKM selain parawisata. Itu bidang yang saling terkait. Secara umum, garis besar pembanguna Batam kedepan, sudah kami sampaikan melalui anggota dewan di Musrenbang,” beber Nuryanto. **

 

Artikel ini telah terbit di batampos.co.id dengan judul https://batampos.co.id/2019/04/08/tanggapan-ketua-dprd-tentang-ajuan-pemko-batam-tentang-rpjmd/

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 3 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top