Peran Penting Pengusaha dan Kampus Bekali Mahasiswa Jiwa Wirausaha – SWARAKEPRI.COM
PENDIDIKAN

Peran Penting Pengusaha dan Kampus Bekali Mahasiswa Jiwa Wirausaha

Mortigor Afrizal Purba, Dosen UPB dan Entrepreneurship./Dok.swarakepri.com

BATAM – Salah satu tujuan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadim Makarim adalah menyiapkan para mahasiswa agar siap pakai dalam dunia kerja. Selain itu juga membekali para calon sarjana agar terampil dalam dunia usaha.

Dalam menyambut implementasi kurikulum baru ini, dosen Universitas Putera Batam (UPB), Mortigor Afrizal Purba, S.E.Ak. M.Ak. C.A, mengatakan bahwa insan pendidikan tinggi harus responsif terhadap penerapan kurikulum tersebut.

“Sebagai akademisi kita harus menyambut niat baik Mas Menteri (sebutan Mendikbud) tentang kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” katanya, Rabu (25/2/2021) kepada swarakepri.com.

Menurutnya, salah satu sambutan yang perlu dilakukan adalah dengan mempersiapkan mahasiswa untuk berkemampuan menjadi wirausahawan.

“Batam adalah pintu gerbang Indonesia. Dengan segala kebijakan pemerintah pusat, kota ini masih menjadi magnet bagi pebisnis nasional bahkan internasional,” paparnya.

Lebih dari itu, ia menilai bahwa kampus-kampus di Batam cukup mumpuni untuk membekali para mahasiswanya menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan.

“Sarananya di Batam sudah ada. Tinggal kampus berkolaborasi dengan dunia usaha saja,” katanya lagi.

Ia melanjutkan, bahwa para akademisi sebenarnya juga banyak yang memiliki kemampuan wirausaha. Kemampuan tersebut menurutnya perlu untuk ditularkan pada anak didiknya.

“Jika kurikulum baru ini sudah diterapkan oleh kampus-kampus, kemudian bersinergi dengan user serta dosennya memiliki kemampuan usaha, maka jelas para sarjana yang diharapkan oleh kurikulum MBKM dapat terwujud,” lanjutnya.

Ia menambahkan bahwa UPB telah bekerjasama dengan Nongsa Digital Park untuk menyelenggarakan webinar wirausaha dengan tema am i meant to be an entrepeneur pada Sabtu, 27 Februari 2021 mendatang.

“Ini yang saya maksud. Kampus bekerjasama dengan dunia usaha dan akademisinya juga punya kemampuan berwirausaha. Saya yakin semangat wirausaha mahasiswa akan tumbuh jika bertemu langsung dengan para pelaku usaha,” tutup dia./Din

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top