Perkeras Semenisasi, Satgas TMMD Ke-105 Kodim 0317/TBK Siram Aspal | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Perkeras Semenisasi, Satgas TMMD Ke-105 Kodim 0317/TBK Siram Aspal

KARIMUN – Guna memperkeras badan jalan berukuran 710,7 x 2,5 Meter yang berada di Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang sudah selesai disemenisasi sebelumnya oleh Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) Ke-105 Komando Distrik Militer (Kodim) 0317 Tanjung Balai Karimun (TBK) beberapa hari lalu, disiram dengan aspal curah, Kamis (18/7/2019).

Komandan Kodim (Dandim) 0317/TBK melalui Lettu Kav Tatang, Perwira Seksi Teritorial Kodim (Pasiterdim) 0317/TBK menyampikan bahwa pelaksanaan penyiraman badan jalan dengan aspal curah itu, bertujuan untuk lebih memadatkan, memperkuat atau memperkokoh badan jalan agar lebih tahan dari lintasan-lintasan kendaraan bermotor (Ranmor). Baik roda empat, roda dua, ataupun kendaraan-kendaraan yang lainya.

Badan jalan yang sudah disemenisasi, sambung Tatang, sudah dakam tahaoan finishing yakni, hanya tinggal tahap penyirman aspal untuk memperkeras bdan jalan. Pengerjaan aspal curah untuk proyek jalan ini, sambungnya merupakan kegiatan lanjutan setelah srmenisasi dan pembangunan gorong-gotong. Yang kita pikirkan saat ini, tambahnya,  adalah bagaimana cara menggunakan material aspal yang seefisien mungkin. Namun kualitasnya  tetap yang utama agar jalan tetap kokoh dan tahan lama jika digunakan.

Dijelaskan, proyek jalan dengan pengerasan yang fleksibel ataupun pengerasan yang umumnya menggunakan bahan campuran ter aspal sebagai lapis permukaan serta bahan berbutir sebagai lapisan di bawahnya, sangat dierlukan perhitungan yang matang dalam hal kebutuhan aspalnya. Untuk itu, Satgas SSK TMMD Ke 105 Kodim 0317/TBK tentunya tetap berupaya sebisa mungkin untuk menghindari kesalahan-kesalahan dalan perhitungan kebutuhan aspal tersebut.

“Pengerjaan aspal curah sepanjang 710,7 x 2,5 Meter dan 1 unit gorong-gorong, masih terus kita kerjakan. Tadi bersama Tim Asistensi PU Karimun jiga sudah melakukan pemeriksaab terhadap aspal. Hasilnya, sesuai dengan yang direncanakan,” terang Tatang mengakhiri.

 

Penulis : Hasian

 

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top