Polisi Tetapkan 3 Tersangka Kasus Pemerasan Pengemis di Batam – SWARAKEPRI.COM
KRIMINAL

Polisi Tetapkan 3 Tersangka Kasus Pemerasan Pengemis di Batam

Dirkrimum Polda Kepri, Kombes Pol Arie Dharmanto./Foto:Shafix/swarakepri.com

BATAM – Kepolisian Daerah (Polda) Kepri menetapkan 3 orang oknum Satpol PP BKO Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap seorang pengemis bernama Slamet di lampu merah Baloi dekat kampus Universitas Internasional Batam (UIB).

Hal ini disampaikan Dirkrimum Polda Kepri, Kombes Pol Arie Dharmanto kepada awak media, Rabu (22/10/2020)

“Kita baru tetapkan 3 orang sebagai tersangka setelah melalui proses pemeriksaan,” ujarnya.

Kata dia, jajaran Ditreskrimum Polda Kepri berhasil mengamankan 7 orang oknum Satpol PP yang diduga terlibat dalam dugaan kasus pemerasan tersebut.

“Sore kemarin kita amankan kembali 3 orang oknum yang melakukan dugaan pemerasan terhadap pengemis tersebut. Jadi total sudah 7 orang yang sudah diamankan,” jelasnya.

Ia menegaskan, terhadap 3 orang oknum Satpol PP akan dijerat Pasal 144 dan Pasal 145 ayat 1 dan 2 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda sebesar Rp200 juta.

“Patut yang perlu kita ketahui bahwa terkait dengan kejadian ini kita mengambil suatu pelajaran penting khususnya bagi para penegak hukum (Satpol PP) bahwa orang terlantar atau disabilitas itu sudah diatur dalam undang-undang No. 8 tahun 2016 dalam pasal 43 huruf Q. Sementara ketentuan pidananya itu diatur dalam pasal 144 dan pasal 145 ayat 1 dan ayat 2 ancaman hukumannya sampai dengan 5 tahun penjara dan dendanya sampai dengan Rp. 200 juta,” jelasnya.

“Terhadap ketiga tersangka kita juga akan kenakan pasal 368 KUHP terkait tindak pidana pemerasan yang dilakukannya,” tegasnya.

(Shafix)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top