Polres Lingga Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Seligi 2019 | SWARAKEPRI.COM
Lingga

Polres Lingga Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Seligi 2019

LINGGA – Dalam rangka Operasi Patuh Seligi 2019, Polres Lingga melaksanakan Apel Gelar Pasukan bersama Instansi terkait di Lapangan Mapolres Lingga, Kamis (29/8/19).

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, dalam amanatnya mengatakan bahwa pada saat ini permasalahan di bidang lalu lintas telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital. Di mana operasional order angkutan umum sudah berada dalam genggaman (cukup menggunakan handphone). Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polisi lalu lintas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut. Polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut PROMOTER (Profesional Modern dan Terpercaya).

Program nawacita Presiden RI adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa yang prioritas dijabarkan dengan 11 program yaitu promoter (profesional, modern dan kapolri terpercaya).

Program ke-11 quick wins polri kepolisian tugas dalam pelaksanaan di diimplementasikan dengan kehadiran anggota polri di masyarakat bidang kamseltibcar di tengah-tengah lantas fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipaham sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas bangsa sehingga menuntut kehadiran polisi lalu lintas di jalan raya guna mewujudkan kamseltibcar lantas yang kondusif.

Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukkan dari political will pengguna lalu lintas. Pejalan kaki, lalu lintas, baik pengguna kesadaran pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah

Jumlah pelanggaran lalu lintas selama operasi patuh seligi-2018 sebanyak 3.996 pelanggaran, meningkat 17% dari tahun 2017 dengan jumlah tilang sebanyak 2.865 lembar dan teguran sejumlah 1.141 teguran yang didominasi oleh pelanggaran helm SNI, melawan arus dan pengemudi di bawah usia.

Sedangkan jumlah kecelakaan lalu lintas selama operasi patuh seligi-2018 sebanyak 35 kejadian mengalami peningkatan 1 kejadian atau 3% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 34 kejadian.

Selanjutnya jumlah korban meninggal dunia selama operasi patuh seligi-2018 sebanyak 5 orang, mengalami penurunan sebanyak 3 orang atau -38% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 8 orang.

Jumlah korban luka berat selama operasi patuh seligi-2018 sebanyak 11 orang, mengalami penurunan sebanyak 6 orang atau – 35% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 17 orang.

Operasi kepolisan dengan sandi patuh seligi-2019 ini akan dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 29 agustus 2019 sampai dengan 11 september 2019, secara serentak di seluruh Indonesia.

Sasaran prioritas operasi kepolisian dengan sandi patuh seligi-2019 adalah sebagai berikut,

1. Pelanggaran penggunan helm sni;
2. Pelanggaran melawan arus;
3. Pelanggaran penggunaan hp saat berkendara;
4. Pelanggaran berkendara di bawah pengaruh alkohol (mabuk);
5. Pelanggaran melebihi batas kecepatan;
6. Pelanggaran berkendaran di bawah umur

Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho dengan dihadiri oleh Asisten II Kabupaten Lingga, Danlanal Dabo Singkep, Kajari Lingga diwakili Kasubagbin Kajari Lingga, Pejabat Utama Polres Lingga, Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Lingga, Plt.Kadishub Kab.Lingga, Kepala Imigrasi Dabo Singkep, Ka Lapas Dabo Singkep, Kepala Syahbandar Kabupaten Lingga, Kepala BMKG Kab. Lingga, Ketua Kwarcab Lingga, Sekcam Singkep, Kepala Bandara Dabo Singkep atau yang mewakili.

 

 

 

 

 

 

Penulis: Ruslan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − nine =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top