Polresta Barelang Tangani 2213 Kasus Kejahatan Sepanjang 2019, Terbanyak Street Crime – SWARAKEPRI.COM
KRIMINAL

Polresta Barelang Tangani 2213 Kasus Kejahatan Sepanjang 2019, Terbanyak Street Crime

Konperensi pers evaluasi akhir tahun di Mapolresta Barelang, Selasa(31/12/2019)./Foto: Elang/swarakepri.com

BATAM – Sebanyak 2213 kasus kejahatan ditangani Kepolisian Resor Kota (Polresta) Barelang sepanjang tahun 2019. Dari ribuan kasus itu, tindak kejahatan yang menonjol adalah kejahatan jalanan (street crime), mendominasi dengan angka 613 kasus atau 32 persen dari total jenis kejahatan konvensional.

“Kasus kejahatan konvensional sebanyak 2213 kasus atau 95,4 persen. Sedangkan kejahatan transnasional (kejahatan lintas perbatasan negara) hanya 11 kasus atau 5,6 persen saja,” ungkap Kapolresta Barelang, Kombes Pol Prasetyo Rachmat Purboyo saat konperensi pers evaluasi akhir tahun, Selasa (31/12/2019).

Lanjutnya, tercatat dari total keseluruhan, ada sebanyak 1771 kasus di antaranya sudah selesai masa penyidikannya. Kasus yang terjadi juga didominasi kejahatan jalanan seperti curanmor, curas, dan curat.

“Ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2018 lalu dengan sebanyak 2478 kasus. Penurunan yang terjadi sebanyak 264 kasus atau sekitar 106 persen,” jelasnya.

Menurut Prasetyo, banyak faktor yang membuat kejahatan jalanan cenderung meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 441 kasus. Salah satu paling utama menurutnya adalah kesejahteraan secara ekonomi.

“Karena kalau masyarakat memiliki pekerjaan tetap, secara tidak langsung akan menyibukkan diri mereka. Kecenderungan ke arah kejahatan pun minim,” paparnya.

Untuk itu dia mengimbau, agar masyarakat tetap meningkatkan kesadaran untuk bisa lebih waspada agar pada tahub 2020 nanti tidak menjadi korban tindak kejahatan.

 

 

(Elang)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top