Polsek KKP Batam Sidak Prokes di Lima Pelabuhan – SWARAKEPRI.COM
BATAM

Polsek KKP Batam Sidak Prokes di Lima Pelabuhan

Polsek KKP Batam Sidak Prokes di Lima Pelabuhan,Jumat(11/6/2021)./Foto: IST

BATAM – Polsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) melakukan inspeksi mendadak(sidak) Protokol Kesehatan(prokes) di lima pelabuhan di Kota Batam, Jumat(11/6/2021).

Kelima pelabuhan tersebut adalah pelabuhan Harbour Bay, pelabuhan domestik Sekupang, pelabuhan domestik Punggur, pelabuhan Roro Punggur dan Pelabuhan Internasional Batam Center.

Kapolsek KKP, AKP Budi Hartono mengatakan, sidak tersebut bertujuan untuk menegaskan kembali penerapan protokol kesehatan di pelabuhan untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Semuanya harus peduli, baik itu penumpang maupun agen kapalnya. Bagi agen kapal yang tidak patuhi prokes tidak diberikan surat izin berlayar,” tegas Budi.

Budi mengajak seluruh penumpang dan agen kapal sama-sama peduli protokol kesehatan.

“Dari hasil sidak masih ditemukan adanya kapal di Pelabuhan domestik Punggur yang tidak memberikan tanda jarak pada kursi penumpang di dalam kapal,” bebernya.

Ia menegaskan, sanksi tegas akan diberikan jika masih melanggar protokol kesehatan, yakni Syahbandar tidak mengeluarkan Surat Izin Berlayar(SIB).

“Kalau perlu kami amankan jika kami temukan di tengah laut, dan mereka bisa pilih yang mana,” tegasnya.

Ia menjelaskan, sidak yang dilakukan berupa pengecekan kapal komersil di pelabuhan terkait penerapan Protokol kesehatan untuk mengantisipasi Covid-19 di dalam kapal.

“Tindakan yang dilakukan meminta pihak agen kapal untuk memberikan tanda jarak pada kursi penumpang di dalam kapalnya,”ujarnya.

Kemudian meminta Satgas Covid-19 di pelabuhan untuk selalu mengawasi protokol kesehatan di pelabuhan.

“Menyarankan kepada KSOP/Syahbandar jika ditemukan kapal yang tidak sesuai protokol kesehatan untuk tidak diberikan surat izin berlayar (SIB),” pungkasnya/EDW.

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top