RSAL dr. MDTS Adakan Khitanan Massal Dalam Rangka Harkesal – SWARAKEPRI.COM
KEPRI

RSAL dr. MDTS Adakan Khitanan Massal Dalam Rangka Harkesal

RSAL dr. MDTS Adakan Khitanan Massal Dalam Rangka Harkesal, Sabtu (09/10).foto: MJA/Onasis/Humas Pen RSAL dr. MDTS

KEPRI – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut (Harkesal) Ke-73 Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 09 Oktober, Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) dr. Midiyato Suratani bekerja sama dengan Diskes Lantamal IV, melaksanakan kegiatan khitanan massal gratis yang diadakan di Gedung Serba Guna (GSG) Pulau Serasan Rumkital, Jl. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Kepri pada hari Sabtu (09/10/2021).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk bukti bakti sosial TNI AL melalui faskes yang berkaitan dengan masyarakat yang dilakukan oleh tim kesehatan TNI AL untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 yang telah menimbulkan banyak pembatasan. Sehingga dari fenomena tersebut, TNI AL melalui faskes yang ada memberikan kesempatan kepada masyarakat yang mempunyai anak yang belum di khitan untuk mendapatkan pelayanan khitan massal gratis.

Dalam kegiatan yang diawali dengan pembukaan, dilanjutkan sambutan dari Kadiskesal, foto bersama dan doa bersama secara terpusat di Rumkital dr. Ramelan Surabaya tersebut. Dalam video conference-nya yang diikuti secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kadiskesal Laksamana Pertama TNI dr. Agus Guntoro, Sp.BS menerangkan bahwa kegiatan bhaksoskes berupa pelaksanaan khitanan massal gratis yang dilaksanakan secara serentak oleh Satkes dan Rumah Sakit TNI AL di seluruh Indonesia saat ini adalah dalam rangka untuk memperingati Harkesal ke-73 Tahun 2021 yang jatuh tepat pada tanggal 09 Oktober. Rangkaian kegiatan bakti sosialnya dimulai dengan olahraga bersama dengan para mantan Kadiskesal dan masyarakat wilayah Surabaya, kemudian dilanjutkan pelaksanaan khitanan massal.

“Untuk diketahui, peserta khitanan massal seluruh Indonesia yang sudah terdaftar saat ini sebanyak 2.767 orang. Namun jumlah tersebut diperkirakan akan terjadi lonjakan. Meskipun pada pelaksanaannya hanya sehari, namun tidak menutup kemungkinan bisa berlanjut di lain hari, mengingat melihat jumlah masyarakat yang ingin mendapatkan layanan khitanan massal gratis yang cukup banyak dan melebihi kapasitas. Hal ini bisa jadi karena selama 2 tahun terakhir terjadi banyaknya pembatasan dalam melaksanakan khitanan massal di masa pandemi”. Kadiskesal berharap agar acara yang dilaksanakan ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP.,M.A.R.S yang didampingi oleh Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Dwiki Tjahja Setiawan, S.H.,M.H yang hadir dalam giat tersebut bersama Wakil Walikota Tanjungpinag Bpk. Endang Abdullah, S.kp.,M.Si, Kadinkes Kota Tanjungpinang dr. Elfiana Sandri, MPH dan para Waka Rumkital setempat, melaporkan bahwa peserta khitan di RSAL dr. Midiyato Suratani sebanyak 75 orang. Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan khitanan massal gratis cukup banyak. Namun karena adanya keterbatasan yang semula di targetkan sebanyak 100 orang peserta, pelayanan diprioritaskan hanya untuk 75 orang. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, RSAL bekerja sama dengan Diskes Lantamal IV Tanjungpinang. Satu hari sebelum khitan, Para peserta terlebih dahulu melakukan Swab Test yang dilaksanakan di Diskes Lantamal IV.

Menerima laporan dari masing-masing Kafaskes TNI AL, Kadiskesal menekankan agar para Kafaskes juga menekankan kepada para personel yang terlibat dan peserta yang mengikuti agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top