Seleksi Penerimaan Komisioner KPU Batam | SWARAKEPRI.COM
POLITIK

Seleksi Penerimaan Komisioner KPU Batam

BATAMwww.swarakepri.com : Tim penyeleksi Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam hingga Selasa (23/4) baru menerima dua orang yang mengembalikan berkas administrasi dari 80 orang yang telah mengambil. Pendaftaran calon komisioner KPU berlangsung sejak 17 April hingga 26 April mendatang.

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kota Batam H. Jamhur Poti, SE.M.Si menyampaikan, untuk pendaftaran dan pengembalian berkas administrasi telah dibuka sejak tanggal 17 April lalu dan berakhir pada 26 April mendatang.

“Yang telah mengambil berkas hingga hari ini sudah ada 80 orang, belum termasuk yang mendownload berkas melalu internet. Namun baru dua orang yang mengembalikan berkas,”terangnya ditemui ruang tim seleksi calon anggota KPU Batam yang beralamat di Komplek Jaya Permata Blok B No.5 Tiban Centre Sekupang Selasa (23/4).

Menurutnya, tim seleksi akan standby hingga pukul 00.00 WIB pada hari terahir pendaftara 26 April mendatang. Karena lewat dari tanggal tersebut tidak diterima lagi pendaftaran.

“Kalau pada saat ini bagi calon anggota KPU yang datang mengantar berkas, kita tanyakan kepada mereka apakah mau melengkapi kembali berkas yang kurang tersebut apakah mau langsung mendaftar. Karena kalau nantinya ada yang kurang pada selesksi administrasi langsung gugur,”terangnya.

Masih Jamhur, untuk saat ini yang terdata di TIM yang sudah datang mengambil formulir rata-rata sudah pernah mengkuti seleksi anggota KPU kota Batam sebelumnya.

“Yang mendaftar rata-rata sudah pernah mengikuti pendaftaran sebelumnya,”terangnya.

Dia kembali menjelaskan, yang mendaftar mengambil formulir ada dari berbagai profesi. Ada akademisi/dosen, ada dari praktisi dan sebagainya. Selain itu juga terdapat satu orang dari KPID yang mendaftar serta ada juga yang telah lulus 10 besar di KPU Provinsi kembali mendaftar ke sini.

“Dengar-dengar incumbent ada yang mau mendaftar. Tapi sampai sekarang belum ada yang mendaftar. Mungkin masih pada sibuk,”ungkapnya.

Tugas tim hanya menyeleksi hingga menjadi 10 orang. Dan selanjutnya nama-nama 10 orang tersebut diserahkan kepada KPU Provinsi. Untuk selanjutnya dipilih 5 orang anggota KPU Batam.

“Tugas kami hanya menyeleksi hingga 10 orang. Dan setelah itu dikirim ke KPU Provinsi. Disana baru akan diseleksi menjadi 5 orang,”terangnya.

Adapun untuk syarat pendaftaran, minimal usia 30 tahun dan pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sejumlah persyaratan administrasi lainnya.

“Kalau kemaren makalah cuma satu, tahun sekarang naik menjadi empat buah makalah. Dengan tema makalah,
Kepemimpinan, intrigritas, komitmen, independensi dan kopetensi kepemiluan,”terangnya.

Adapun jadwalnya, untuk tahapan seleksi dilaksanakan lima tahap dengan sistem gugur. Tahap pertama seleksi administrasi pada tanggal 27-28 April, dilanjutkan tahap seleksi tertulis pada tanggal 2 Mei, dan tes kesehatan pada tanggal 3-7 April.

Dan untuk tes psikologi, berupa tes tertulis pada tanggal 8 Mei, tes wawancara dilaksanakan pada 9-12 Mei, terakhir diskusi kelompok 13-15 Mei.***

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top