Tower Telkomsel di Desa Posek Tak Berfungsi, Ini Harapan Warga | SWARAKEPRI.COM
Lingga

Tower Telkomsel di Desa Posek Tak Berfungsi, Ini Harapan Warga

Kepala Desa Posek, Masmin (foto : ruslan)

LINGGA – Tower Telkomsel di Desa Posek, Kecamatan Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga sudah hampir 4 bulan tidak berfungsi. Hal ini diungkapkan Kepala Desa Posek, Masmin, Rabu(13/2/2019).

Ia mengatakan tidak berfungsinya signal Telkomsel tersebut mengakibatkan putusnya kumunikasi dan informasi di lingkungan masyarakat Desa Posek dan Kecamatan kepulauan posek.

“Dengan rusaknya tower telkomsel ini seakan kecamatan kepulauan posek mati terhadap hubungan telekomunikasi, bahkan terkesan terisolasi, karena masyarakat di kecamatan kepulauan posek 90 persen menggunakan akses telekomunikasi Telkomsel, meskipun saat ini ada tower indosat,”ujarnya.

Menurut Masmin, di Desa Posek ada lebih kurang 1500 jiwa, untuk kecamatan kepulauan posek itu sendiri memiliki 3 Desa yakni Desa Posek, Desa Suak Buaya dan Desa Busung Panjang.

“Kerusakan alat ini tentunya dapat menghambat kumunikasi desa dan kecamatan kepulauan posek, kita berharap sekali agar alat yang rusak ini bisa di fungsikan kembali.

Sementara itu Babinsa Desa Posek, Azriansyah mengatakan kerusakan dari fungsi kumunikasi tower telkomsel ini benar-benar membawa dampak terhadap Desa Posek dan kecamatan kepulauan posek untuk berhubungan kumunikasi keluar.

“Ini sangat penting di era digitalisasi saat ini, terutama pada akses informasi. Apalagi jika ada infomasi yang bersifat darurat, seperti yang baru baru ini terjadi kebakaran pada salah satu rumah warga,” jelasnya.

Menurutnya dengan putusnya kumunikasi ini membuat masyarakat tidak bisa berkutik pada kumunikasi.

“Ini baru salah satu musibah, bagaimana jika ada musibah darurat lainnya seperti pada dunia pendidikan dan informasi pemerintahan? bebernya.

Dijelaskan bahwa mayoritas masyarakat Desa Posek menggunakan akses Telkomsel, meskipun ada tower indosat.

“Masyarakat sangat membutuhkan dan menjadi skala prioritas untuk berhubungan akses cepat telekumunikasi keluar,” tegasnya.

Kata Azri, pihaknya sudah mencoba menanyakan penyebab tidak berfungsinya tower telkomsel tersebut.

“Dari keterangan petugas menyebutkan hal ini dikarenakan rusaknya alat utama yang di sebut RRU( remote radio unite) atau alat penguat kumunikasi, namun sudah hampir 4 bulan ini alat tersebut belum juga di perbaiki. Sementara masyarakat selalu bertanya kapan tower telkomsel itu bisa berfungsi seperti sediakala. Hal inilah yang tidak bisa kami jawab selaku pengayom masyarakat,”pungkasnya.

 

 

Penulis : Ruslan

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top