Virus Zika di Singapura, Indonesia Belum Keluarkan Travel Warning – SWARAKEPRI.COM
NASIONAL

Virus Zika di Singapura, Indonesia Belum Keluarkan Travel Warning

BATAM – Pemerintah belum mengeluarkan Travel Warning terhadap warga Indonesia yang berkunjung ke ‎Singapore, karena penularan virus Zika terjadi secara lokal dan tidak berhubungan langsung dengan wabah Zika di Amerika Selatan dan Karibia.

 

Hal ini ditegaskan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr.H.M. Subuh, MPPM‎ saat meninjau sarana prasarana alat Thermos Scan di pelabuhan Internasional Batam Center, Kamis(1/9/2016) siang.

 

“Sudah adan 115 warga Singapura terjangkit virus Zika, tapi kita belum mengeluarkan Travel Warning. Kita baru mengajukan Travel Advisory‎ atau menasehati warga supaya berhati-hati saat berkunjung kesana terutama bagi wanita hamil,” ujarnya.

 

Dia menegaskan, sesuai laporan dari Pemerintah Singapura, hingga saat ini belum ada warga Indonesia yang tertular virus Zika saat berkunjung ke Singapura.

 

“Seluruh warga mereka yang terkena virus Zika‎ tidak dirawat, sehingga kita sulit memantau dan mendatanya. Kalau di Rumah Sakit kan enak, kita bisa datangi lalu kita catat,” jelasnya.

 

Subuh menghimbau warga Indonesia yang berkunjung ke Singapura, agar selalu memproteksi diri dengan memakai lotion atau memakai baju tertutup.

 

“Intinya kita harus memprotek diri sendiri sata berkunjung kesana,” tegasnya.

 

Sementara itu, Manager Operasional PT Sinergy Tharada, Nika Astaka mengaku telah menerima surat dari Kementerian Kesehatan dua minggu lalu agar menyediakan lokasi alat Thermo Scan di pelabuhan batam center.

 

“Alat pengukur suhu bagi warga singapura yang datang sudah kami‎ sediakan dan sudah beroperasi. Sampai saat ini belum ada warga singapura yang datang, terdeteksi kena virus Zika,” jelasnya.

 

 

Ditambahkan, jika nantinya ditemukan warga Singapura yang terjangkit virus Zika, pihaknya telah menyediakan mini klinik yang bekerja sama dengan KKP Kesehatan Batam.

 

“Kami juga menyediakan dua unit ambulans untuk membawa pasien kena virus Zika ke rumah sakit terdekat,” jelasnya.

 

 

(RED/DI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top