Cyber Patrol Polres Lingga Bekuk Pelaku Hate Speech | SWARAKEPRI.COM
Lingga

Cyber Patrol Polres Lingga Bekuk Pelaku Hate Speech

Tersangka rjy saat diperiksa penyidik di Polres Lingga (foto : ist)

LINGGA – Tim Cyber Patrol Polres Lingga membekuk RZY (29), tersangka kasus tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik melalui sosial media beberapa waktu lalu.

Pria warga Bukit Abun Kelurahan Dabo ini dibekuk Polisi atas unggahannya di media sosial terkait penghinaan dan pencemaran nama baik yang ditujukan pada pihak institusi Kepolisian.

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho melalui Kasat Reskrim AKP Suharnoko mengatakan, tersangka dan barang bukti telah dilimpahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Lingga, Senin(29/10) lalu.

“Tersangka ditangkap oleh tim Cyber Patrol beberapa waktu yang lalu, kemarin tersangka dan barang bukti telah diserahkan ke pihak kejaksaan negeri Lingga dan sudah ditahan sama pihak kejaksaan,” ujar Suharnoko diruang kerjanya, Rabu (31/10/18)

Atas perbuatannya, tersangka RZY dijerat dengan pasal 45 ayat (3) UU RI No.19 tahun 2016 perubahan UU RI No.11 tahun 2018 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) dan Pasal 207 KUHPidana.

Suharnoko menjelaskan, kronologis kejadian berawal dari Patroli Online tim Cyber Patrol yang dilakukan oleh Polres Lingga dan didapati sebuah akun Facebook yang mengunggah kata-kata tidak pantas, berbau ujaran kebencian dan perbuatan tidak menyenangkan yang diunggah pada akun media sosial milik tersangka.

“Unggahannya ditemukan oleh tim Cyber Patrol, anggota langsung lakukan pencarian terhadap pemilik akun, setelah ditemukan langsung dilakukan penangkapan untuk dimintai keterangan” tegasnya.

Suharnoko menghimbau masyarakat yang mengunakan media sosial agar dapat berhati-hati menggunakan dan memposting atau menshare sesuatu di media sosial.

 

 

Penulis : Ruslan

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 5 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top