Kadisbudpar Batam Dorong IPI Campervan Jadi Agenda Tahunan – SWARAKEPRI.COM
BATAM

Kadisbudpar Batam Dorong IPI Campervan Jadi Agenda Tahunan

Pelepasan 21 Campervan di Mall Botania 2, Jumat (5/11).foto: Disbudpar Batam

BATAM – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata bersama Asisten 2 Ekonomi dan Pembangunan Kepri, Syamsul Bahrum melepas 21 campervan, bertempat di Mall Botania (MB2), Batam Center, Jumat (5/11/2021). Kegiatan bertema “The Journey Trip To Bintan Campervan Indonesia” digelar oleh Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Kepri.

Dalam sambutannya, Ardiwinata mendorong kegiatan campervan ini menjadi agenda pariwisata. Pemerintah Kota (Pemko) Batam, dalam hal ini Disbudpar Kota Batam akan senantiasa mendukung dan mempromosikan setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh asosiasi pariwisata Kota Batam.

“Kegiatan seperti ini kalau bisa tak hanya sekali dilaksanakan. Harus dibuat berkali-kali. Kita akan promosikan di calender of events,” katanya.

Ia menginformasikan bahwa saat ini Batam berada di Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1, yang mana Batam sudah mulai melaksanakan aktivitas kepariwisataan. Namun Ardi berpesan untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, serta menjaga jarak.

“Kita sekarang mencoba ber-event, harus berhati-hati terapkan protokol kesehatan,” pintanya.

Ardi menjelaskan ada tiga konsep mengembangkan pariwisata yakni aksesbilitas, amenitas, dan atraksi. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sudah mengembangkan infrastruktur Kota Batam dalam konsep pariwisata.

Kemudian daerah wisata juga harus didukung amenitas, seperti adanya rumah sakit, restoran, transportasi, dan sebagainya. Untuk Bandar Udara Internasional Hang Nadim juga bekerja sama dengan Incheon, Korea Selatan untuk mengembangkan bandara.

“Lalu ada atraksi alam dan buatan, seperti event yang dibuat oleh IPI,” ucapnya.

Terbaru, Batam juga bergabung menjadi anggota Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities, yang berbasis di Korea Selatan. Di organisasi internasional tersebut, pariwisata Batam akan dipromosikan. Sebanyak 140 kota dari 16 negara bergabung menjadi anggota TPO for Asia Pasific.

Ketua IPI Kepri, Tatik Marnikowati menyebutkan bahwa kegiatan Campervan ini diikuti oleh 21 campervan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari terhitung dari 5-7 November 2021.

“Selama tiga hari tersebut kita camping dan mengunjungi wisata,” katanya./Disbudpar Batam

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2023

To Top