Animasi dan Simulasi Sebagai Solusi Praktikum Fisika Selama Masa Pandemi – SWARAKEPRI.COM
OPINI

Animasi dan Simulasi Sebagai Solusi Praktikum Fisika Selama Masa Pandemi

Yustina, S.Pd, Guru SMA N 1 Siak Kecil, Bengkalis, Riau./Dok. Pribadi

Artikel ini ditulis oleh: Yustina, S.Pd (Guru SMA N 1 Siak Kecil, Bengkalis, Riau)

Pandemi Covid yang telah berjalan hamper setahun menyisakan berbagai persoalan bagi seluruh aspekm kehidupan. Tak terkecuali dunia pendidikan yang telah lama memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran.

Sebagai seorang Guru, selalu dituntut untuk memberikan pembelajaran yang baik dan maksimal dalam kondisi apapun. Hanya saja dalam kondisi seperti ini, pelajaran-pelajaran tertentu seperti Fisika menyisakan persoalan tersendiri ketika memasuki masa praktikum. Perlu terobosan dan inovasi agar pelajaran Fisika tetap dapat diterima dan difahami oleh siswa.

Animasi Bantu Gambarkan Peristiwa Fisika

Media animasi adalah media pembelajaran yang digunakan untuk menampilkan suatu objek atau kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu gerakan yang dilengkapi dengan suara sesuai dengan kenyataan dan terlihat seperti hidup yang bisa dibuat secara sistematis pada setiap momen dalam waktu.

Hal ini sangat berguna ketika mempelajari fisika dimana terdapat banyak peristiwa yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang karena keterbatasan indra penglihatan manusia. Baik itu untuk gerakan benda yang berkecepatan tinggi, benda yang berukuran terlalu kecil atau berjarak sangat jauh, dan lain sebagainya.

Maka dengan adanya media animasi prosesnya bisa menjadi tampilan yang sederhana dan mudah diikuti atau difahami.

Manfaat lain dari animasi diantaranya dapat menampilkan dua kejadian yang terkait pada waktu yang bersamaan. Misalnya menampilkan pergerakan suatu objek beserta grafiknya, misalnya grafik yang menjelaskan hubungan antara perpindahan dan waktu tempuh.

Kemudian dapat mengatasi kendala ruang dan waktu. Apa yang terjadi di luar kelas, bahkan di luar angkasa dapat divisualisasikan di layar komputer. Demikian juga halnya dengan peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu dapat ditampilkan kapan saja.

Simulasi Gambarkan Peristiwa Secara Nyata

Mirip dengan media animasi, media simulasi adalah alat permodelan yang juga berbasis visualisasi. Simulasi itu sendiri merupakan gambaran dari suatu peristiwa yang disimulasikan atau dirujuk dari peristiwa nyata (realisme perilaku).

Tetapi sedikit berbeda dengan animasi, simulasi harus disertai dengan kontrol variabel. Bantuan kontrol variabel ini dapat memberikan tindakan pada objek yang dimaksud.

Saat animasi memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana suatu elektron bergerak melalui kabel listrik, maka simulasi bisa menjelaskan perbedaan kecerahan lampu pada daya yang berbeda.

Sebagai contoh, seseorang yang baru belajar menjadi pilot pun tidak juga harus langsung naik kepesawat sungguhan terlebih dahulu, melainkan harus melalui ruang simulasi (permodelan), yang mana rasanya hampir sama ketika dia sebenarnya sedang berada untuk mengendalikan pesawat tersebut nantinya.

Animasi dan Simulasi Bantu Praktikum Fisika

Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki media animasi dan simulasi ini, para Guru dapat memanfaatkan untuk memberikan materi fisika khususnya untuk proses hands-on (praktikum) selama masa pandemic Covid-19. Media ini dapat diharapkan membantu para pengajar dalam proses pembelajaran online.

Banyak video animasi gratis dan software atau aplikasi perangkat pembelajaran fisika yang bisa diunduh dari internet. Baik itu materi mekanika, elektronika, dan yang lainnya.

Intinya, apakah kemauan Guru untuk menggunakan alat teknologi informasi dan komunikasi yang telah disediakan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin supaya proses pembelajaran fisika di masa-masa sulit sekarang ini dapat terus dilaksanakan secara efektif dan efisien serta tidak menyisakan misinformasi bagi siswa.

Karena tanpa informasi yang baik, penyampaian ilmu pengetahuan juga akan berjalan kurang maksimal. Dan pembelajaran yang diharapkan juga tidak akan bermakna.

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top