Bawaslu Kepri Temukan 3 Dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu – SWARAKEPRI.COM
KEPRI

Bawaslu Kepri Temukan 3 Dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu

Ilustrasi Pilkada serentak 2020./Dok.Ist

BATAM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri dikabarkan tengah menangani temuan dugaan pelanggaran pidana pemilu oleh pendukung tiga pasangan calon kepala daerah di wilayah Kepri.

Berdasarkan sumber informasi swarakepri.com, tiga laporan yang kini diproses di Bawaslu Kepri tersebut merupakan kampanye diluar jadwal yang dilakukan oleh pendukung pasangan calon melalui media sosial (medsos).

“Ada 3 temuan. Satu temuan dari pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bintan dan dua temuan dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri,” jelas sumber swarakepri.com, Jumat (9/10/2020).

Dari tiga temuan tersebut, semuanya diposting di media sosial dengan mengunggah poster pasangan calon di luar jadwal kampanye yang telah ditentukan.

Kendati demikian Komisioner Bawaslu Kepri Bidang pengawasan, Idris, membantah adanya kabar temuan dugaan tindak pidana pemilu oleh pasangan calon kepala daerah 2020 oleh tim pengawas.

Idris mengatakan bahwa saat ini semua temuan di Bawaslu Kepri adalah pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

“Untuk Provinsi hanya dua (temuan pelanggaran). Semuanya pelanggaran Covid-19,” jelas idris melalui pesan WA kepada swarakepri.com, Jumat (9/10/2020) malam.

Ia kemudian menyebutkan bahwa dua pelanggaran protokol kesehatan ini terjadi saat pengundian nomor urut dan kegiatan kampanye yang dilakukan di Bintan Pesisir.

“Satu pelanggaran Covid-19 pada saat pengundian nomor urut dan satu lagi di Bintan Pesisir pelanggaran Covid-19 paslon nomor urut 2 dikegiatan kampanye,” tulis dia.

Idris pun lantas mengarahkan bahwa rekap data pelanggaran ada di divisi penanganan pelanggaran yang dikoordinatori oleh ketua Bawaslu Kepri, Muhammad Sjahri Papene.

Mengenai sanksi bagi pelanggar protkes ini sebagaimana tertulis dalam pengumuman yang disampaikan oleh Bawaslu Kepri adalah dengan memberikan teguran secara tertulis./Shafix

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top