Bupati Kukuhkan Pengurus Jurnalis Karimun – SWARAKEPRI.COM
Karimun

Bupati Kukuhkan Pengurus Jurnalis Karimun

Foto : DOk. haluan kepri

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq mengukuhkan Pengurus Jurnalis Karimun (JK) periode 2016-2019 di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Sabtu (26/11/2016). Pengukuhan 27 orang Pengurus dan anggota JK itu ditandai dengan pembacaan surat pengukuhan yang dilanjutkan dengan penyerahan bendera pataka serta pembacaan ikrar Jurnalis Karimun.

Bupati Rafiq dalam kesempatan itu merasa bangga kepada Jurnalis Karimun yang telah mampu membentuk wadah organisasi dengan pers yang menyatukan puluhan jurnalis dari berbagai media harian cetak dan elektronik di Karimun. Apalagi, proses pembentukan hingga pengukuhan hanya membutuhkan waktu 2 bulan.

“Terus terang, saya merasa bangga kepada teman-teman media harian cetak dan elektronik di Karimun bisa membentuk wadah yang diberi nama Jurnalis Karimun ini. Bagi saya ini sesuatu yang luar biasa. Untuk menyatukan media yang berbeda dalam satu wadah itu suatu hal yang sulit, tapi itu bisa terwujud di Karimun,” ungkap Aunur Rafiq.

Kata Rafiq, Jurnalis Karimun selama ini sudah cukup banyak memberi peranan dalam pembangunan di Kabupaten Karimun. Menurut dia, pemerintah daerah tidak akan maju dan berkembang tanpa adanya campur tangan media. Pemerintah daerah Karimun membutuhkan media sebagai kontrol sosial.

“Selama ini, media-media di Karimun sudah banyak memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan di Karimun. Saya menilai, para jurnalis sudah bekerja secara profesional. Sampai saat ini, saya merasakan semua teman-teman jurnalis sudah menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai dengan kaidah dan UU no.40 tahun 1999 tentang Pers,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rafiq sangat berharap ke depannya, Jurnalis Karimun akan selalu menjadi mitra bagi pemerintah daerah dalam membangun Bumi Berazam. Dia juga meminta kepada Jurnalis Karimun agar selalu mengingatkan pemerintah dalam menjalankan kebijakan dengan kritikan yang membangun.

Sementara, Ketua Jurnalis Karimun Ilfitra mengatakan, Jurnalis Karimun diisi oleh para jurnalis muda yang progresif dan visioner yang selalu mengedepankan profesionalisme dalam berkarya di bidang jurnalistik. Mereka berasal dari media cetak harian dan elektronik yang bertugas di Kabupaten Karimun.

“Wadah ini baru terbentuk sejak 28 September 2016 melalui musyawarah di Coastal Area Tanjungbalai Karimun. Dalam rentang waktu dua bulan, teman-teman Jurnalis Karimun terus bekerja keras melakukan silaturahim dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah ini, mulai dari Bupati, Kakanwil DJBC Khusus Kepri, Dandim, Dandalanal dan Kapolres Karimun,” ungkap jurnalis yang kerap disapa Ilham ini.

Jurnalis yang sehari-hari bertugas di Harian Umum Haluan Kepri ini menambahkan, selama tiga tahun ke depan, ada tiga program kerja yang akan dilaksanakannya, diantaranya melaksanakan dialog antara jurnalis dengan Pemkab Karimun ataupun lembaga vertikal setiap sekali sebulan.

Kemudian, Jurnalis Karimun juga akan memberikan edukasi tentang dunia jurnalistik bagi pelajar di Kabupaten Karimun melalui program pelatihan jurnalistik. Dalam pelatihan itu, akan dijelaskan tentang fungsi dan peranan pers kepada peserta didik. Program terakhir akan mengupayakan anggota Jurnalis Karimun mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW).

Pengukuhan Jurnalis Karimun tersebut disemarakkan dengan tayangan video selayang pandang dari pejabat publik di Karimun. Kegiatan itu juga diisi dengan pameran foto dan karya jurnalistik. Pameran tersebut merupakan buah karya dari seluruh anggota Jurnalis Karimun di media tempatnya bertugas masing-masing.

Selain dihadiri Bupati Karimun, pengukuhan Pengurus Jurnalis Karimun juga dihadiri Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri Parjiya, Kapolres Karimun AKBP Armaini, Ketua Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun Fathul Mujib, Asisten II Setdakab Karimun Sensissiana dan tokoh adat dan tokoh agama di Karimun.

(RED/HK)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top