Categories: POLITIK

Demokrat Batam Laporkan PPK ke Bawaslu terkait Dugaan Pergeseran Suara antar Parpol

BATAM – Dewan Pimpinan Cabang(DPC) Partai Demokrat Kota Batam telah melaporkan Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK) Sekupang ke Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kota Batam, Rabu(15/5/2019) lalu.  Laporan tersebut terkait dugaan pergeseran suara antar partai politik(Parpol) di dapil 6 Batam (Sekupang-Belakang Padang).

“Partai Demokrat di dapil 6 dirugikan akibat adanya dugaan pergeseran suara antar partai politik yang mengakibatkan Demokrat kehilangan kursi,” ujar Ketua Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi Kepartaian(BP OKK) Partai Demokrat Batam, Rahmad Sukri Hasibuan kepada swarakepri, Minggu(19/5/2019) malam.

Rahmad mengatakan, partai Demokrat sudah melakukan keberatan sejak pleno rekapitulasi surat suara di Kecamatan hingga pleno KPU tingkat Provinsi.

“Kami ditingkat Kecamatan sudah melakukan keberatan, dan tidak menandatangani DA A1(kelurahan), DA 1(kecamatan) dan sampai di KPU,” tegasnya.

Menurunya, dua hari setelah pleno KPU Kota Batam, Demokrat membuat laporan ke Bawaslu Kota Batam dan membawa bukti-bukti dari 50 Tempat Pemungutan Suara(TPS) di Kecamatan Sekupang.

“Setelah Pleno di KPU, kita lakukan pelaporan ke Bawaslu dan membawa bukti-bukti hampir 50 TPS, bukti antara C1 dan DA-A1 yang tidak sinkron,” jelasnya.

Rahmad mencontohkan dugaan pergeseran suara partai, misalnya di TPS 01 kelurahan X, di C1 suara partai A berjumlah 21, tapi di DA-A1 menjadi 11 suara.

“Ini ada kesalahan yang sangat signifikan dari pihak penyelenggara yaitu PPK yang mengakibatkan kursi Demokrat hilang,” tegasnya.

Kata Rahmad, Demokrat meminta Bawaslu untuk merekomendasikan penghitungan ulang semua kotak suara atau kertas suara di Dapil 6 Batam.

“Ada 417 TPS di dapil 6(Sekupang dan Belakang Padang), dihitung ulang saja kertas suara itu. Kalau memang sejatinya partai demokrat tidak dapat kursi, ini kebenaran sesunggungnya. Demokrat dalam ini mencari kebenaran, bukan mencari pembenaran,” ucapnya.

Rahmad mengatakan bahwa dari data C1 yang dimiliki Partai Demokrat, Demokrat meraih 3944 suara di Kecamatan Sekupang, sementara PKB 3493 dan Partai Golkar 3471 suara.

“Setelah pleno di Kecamatan, partai PKB dari 3493 menjadi 3944 dan Golkar menjadi hampir 4000-an suara,” ujarnya. .

Menurut Rahmad, suara Partai Demokrat tidak diganggu, tapi ada partai PKB dan Golkar yang diuntungkan.

“Inilah dugaan partai Demokrat, untuk kebenaran dan kejujuran Pemilu tahun ini kami minta kotak suara dibuka. Kalau Demokrat yang dapat kursi maka sebaliknya partai PKB dan Golkar juga harus legowo. Itu yang kami harapkan,” ujarnya.

Rahmad menduga pergeseran suara antar partai ini terjadi saat rekapitulasi surat suara tingkat kelurahan.

“Disini kita menduga pergeseran tersebut tidak lagi menggunakan C1 nya tapi sudah C1 pleno KPPS nya. Sementara C1 pleno KPPS nya, banyak coretan kita temukan,” ujarnya.

Menurut Rahmad, sejauh ini respon Bawaslu Kota Batam atas laporan Demokrat tersebut sangat bagus.

“Sejauh ini respon Bawaslu sangat bagus untuk menindaklanjutinya, karena Demokrat satu-satu nya partai yang melakukan keberatan di Dapil 6,”pungkasnya.

 

 

Penulis : RD_JOE

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

Redaksi - SWARAKEPRI

Recent Posts

Halo Robotics Sukses Gelar Drone Talks @ The Mulia, Dorong Inovasi Keamanan dengan Otomasi & AI

Halo Robotics dengan bangga mengumumkan kesuksesan acara Drone Talks @ The Mulia yang diselenggarakan pada…

4 jam ago

Jelang Keputusan The Fed: Bitcoin Melonjak Hampir USD $60.000 Lagi

Harga Bitcoin kembali mengalami koreksi dan turun di bawah USD $60 ribu, menjelang keputusan suku bunga…

5 jam ago

BARDI Smart Home: Dari Garasi ke 4 Juta Pengguna – Apa Rahasianya?

Ketika banyak perusahaan lokal berjuang untuk bertahan hidup di tengah krisis pandemi, BARDI Smart Home…

6 jam ago

Elnusa Petrofin Kembali Gelar Program CSR ASIAP untuk Kurangi Sampah Laut di Desa Serangan, Bali

BALI - Permasalahan lingkungan akibat sampah plastik masih menjadi tantangan serius bagi kelestarian ekosistem laut…

12 jam ago

Uji Kompetensi Bahasa Inggris, 32 Tim Peserta Ikuti Yos Sudarso Debating Championship 2024

BATAM - Yos Sudarso Debating Championship 2024 mulai digelar hari ini, Sabtu (21/09/2024). Kepala Sekolah…

13 jam ago

Gugatan HNSI Batam terhadap Kapal MT Arman 114 Diputus N.O

BATAM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batam menjatuhkan putusan Niet Ontvankelijke Verklraad(N.O) atas gugatan Perbuatan…

13 jam ago

This website uses cookies.