DPMD Lingga Rakor dengan Seluruh Kades Bahas Isu Strategis – SWARAKEPRI.COM
Lingga

DPMD Lingga Rakor dengan Seluruh Kades Bahas Isu Strategis

DPMD Lingga Rakor dengan Seluruh Kades Bahas Isu Strategis, Rabu(24/3/2021)./Foto: Ruslan/swarakepri.com

LINGGA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyelenggarakan rapat koordinasi(Rakor) dengan seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Lingga di ruangan rapat kantor Bupati Lingga, Rabu(24/3/2021).

Kepala DPMD Lingga Kabupaten Lingga, Dody Suhendra mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka rapat koordinasi terkait beberapa isu strategi di Desa.

Beberapa hal yang dibahas diantaranya terkait pemutahiran data Indeks Desa Membangun(IDM) berbasis SDG’s Desa Tahun 2021. Kemudian refocussing anggaran DD paling sedikit 8% untuk desa siaga Covid-19 dan PPKM(Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Dan terkait masalah mekanisme penyaluran Penghasilan Tetap (Siltap) Kades, Perangkat Desa dan BPD Tahun 2021m,”ujarnya kepada SwaraKepri, Rabu(24/3/2021).

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut juga dibahas terkait mekanisme penyaluran Siltap(Penghasilan Tetap).

“Khusus untuk penyaluran Siltap tahun 2021, Pemkab mengatur perubahan mekanisme penyaluran dari yang semula menggunakan sistem tunai menjadi non-tunai,”ujarnya.

Kata dia, dalam implementasinya pihaknya bekerjasama dengan pihak Bank Riau Kepri dalam penyaluran.

“Kami berharap mekanisme ini dapat mewujudkan tata kelola keuangan Desa yang lebih baik lagi dengan menyelenggarakan penerimaan dan pengeluaran APBDesa khususnya Siltap dengan tepat, cepat, aman, efisien, transparan dan akuntabel serta mencegah potensi perilaku koruptif dalam pengelolaan keuangan Desa,”terangnya.

Ia menambahkan bahwa dalam kegiatan tersebut juga disampaikan amanah dari pemerintah melalui Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI berupa piagam penghargaan untuk seluruh Kepala Desa se-kabupaten Lingga atas partisipasi dan perannya dalam mensukseskan penyaluran BLT dana Desa tahun 2020.

Rakor tersebut dihadiri oleh Kades beserta Kaur Keuangan Desa se-Kabupaten Lingga, perwakilan dari Bank Riau Kepri Capem Daik dan Capem Dabo, BPKad, Baperlitbang/Bappeda, Tenaga ahli P3MD./Ruslan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top