Dua Kali Mangkir, Tiga Komisioner KPU Batam akan Dipanggil Paksa – SWARAKEPRI.COM
BATAM

Dua Kali Mangkir, Tiga Komisioner KPU Batam akan Dipanggil Paksa

BATAM – swarakepri.com : Dirreskrimum Polda Kepri, Kombes Pol Cahyono Wibowo menegaskan akan memanggil paksa tiga orang komisoner KPU Batam Non-aktif yakni Muhammad Syahdan,Ahmad Yani dan Yudi Kornelis karena dua kali mangkir dari penyidik untuk diperiksa terkait tindak pidana pemilu yang dilaporkan Bawaslu Kepri.

“Ketiganya sudah 2 kali tidak memenuhi panggilan untuk diperiksa, Senin depan(12/5) kita akan melayangkan surat panggilan ketiga sekaligus menjemput paksa,” tegasnya, Jumat(9/5/2014) di Mapolda Kepri.

Dua komisioner KPU Batam lainnya yakni Jernih dan Mulkan kata Cahyono sudah memenuhi panggilan penyidik untuk diperiksa. ” Hari ini komisioner KPU Batam yang penuhi panggilan adalah Mulkan dan sehari sebelumnya Jernih,” jelasnya.

Terkait pemanggilan paksa tersebut, Cahyono menjelaskan bahwa sesuai dengan peraturan yang baru, pada surat panggilan ketiga terhadap terlapor diperbolehkan langsung menjemput paksa.

Sementara itu Komisioner KPU Kepri, Marsudi yang diperiksa sebagai saksi ahli pada kasus dugaan tindak pidana pemilu oleh komisioner KPU Batam ketika dikonfirmasi mengaku ditanya penyidik terkait kewenangan KPU Kepri dalam penonaktifan dan pengambil alihan tugas komisioner KPU Batam.

Selain diperiksa atas dugaan tindak pidana pemilu, Komisioner KPU Batam menurut Marsudi juga akan diperiksa atas dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Namun demikian, Marsudi menegaskan jika nantinya kelima komisioner KPU Batam tersebut terbukti bersalah dan berkekuatan hukum tetap akan mendapatkan sanksi hukum tapi jika tidak terbukti statusnya akan dikembalikan dan dipulihkan nama baiknya. (red/ton)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top