Panwaslu Batam : Surat Suara di Batam Batam Kota harus Dihitung Ulang | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Panwaslu Batam : Surat Suara di Batam Kota harus Dihitung Ulang

Formulir C1 Plano dan Teli di Kelurahan Belian Diduga Sudah Direkayasa

BATAM – swarakepri.com : Ketua Panwaslu Kota Batam, Suryadi Prabu menegaskan permasalahan perolehan suara yang ada di Kecamatan Batam Kota khususnya di Kelurahan Belian harus dilakukan dengan cara menghitung ulang surat suara.

“Kita tetap minta hitung ulang surat suara, karena C1 dan Teli di kelurahan Belian sudah direkayasa,” tegasnya kepada SWARAKEPRI.COM saat rapat pleno rekapitulasi suara di KPU Batam diskors.

Sebelum rapat pleno diskors, sempat terjadi perdebatan antara Panwaslu Batam dengan KPU Batam terkait mekanisme penghitungan suara untuk kecamatan Batam Kota khususnya Kelurahan Belian yang ditenggarai sudah penuh dengan rekayasa.

“Kasus Belian sangat unik, kita tidak boleh menyerah dengan keadaan. Kami sudah merekomendasikan agar dilakukan penghitungan ulang, tapi kok sekarang KPU tidak berani melakukannya? kata Ketua Panwaslu Batam, Suryadi Prabu kepada Ketua KPU Batam, Muhammad Syahdan.

Dikatakannya bahwa Panwaslu Batam sudah mengeluarkan dua rekomendasi untuk melakukan penghitungan ulang. Rekomendasi pertama untuk Kecamatan Bengkong kemudian dicabut.

“Rekomendasi untuk Batam Kota tidak akan kami tarik,” tegasnya.

Menanggapi pernyataan Panwaslu Batam tersebut, Ketua KPU Batam, Muhammad Syahdan mengatakan bahwa kewenangan untuk membuka kotak suara hanya ada di Mahkamah konstitusi, dan membuka kotak suata bertentangan dengan peraturan KPU Nomor 27 Tahun 2013.

Karena adanya perbedaan pendapat antara Panwaslu dengan KPU Batam, Syahdan kemudian meminta masukan dari para saksi partai yang hadir. Beberapa saksi parpol kemudian memberikan pendapat terkait permasalahan tersebut.

Setelah mendengar pendapat dari para saksi parpol, Syahdan kemudian memberikan opsi kepada para saksi parpol agar dilakukan penghitungan ulang secara berjenjang yakni dengan membacakan rekapitulasi suara dari Kecamatan, Kelurahan dan TPS.

“Saya minta seluruh saksi partai membuat hitam diatas putih untuk melaksanakan rekapitulasi suara secara berjenjang,” ujar Syahdan.

Rapat pleno kemudian diskors hingga pukul 19.00 malam ini untuk kemudian dilanjutkan dengan melakukan rekapitulasi suara untuk Kecamatan Batam Kota.

Hingga berita ini diunggah, pukul 19.45 WIB, rapat pleno rekapitulasi suara di KPU Batam belum dibuka kembali.(redaksi)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top