Event Batam Expo Online untuk Dongkrak Penjualan UMKM – SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Event Batam Expo Online untuk Dongkrak Penjualan UMKM

Foto: shafix Swarakepri.com

BATAM– Komunitas pemerhati UMKM menciptakan suatu even expo yang menganut sistem daring yakni Batam Expo Online (BEO) untuk membantu pelaku usaha micro kecil menengah (UMKM) yang ada di Kota Batam agar usaha mereka tetap eksis meskipun di masa pandemi Covid-19.

Sekretaris BEO, Viliiana Putri Utami kepada swarakepri ketika dijumpai di Batam Center, Senin (23/11/2020), mengatakan keterbatasan mobilitas akibat pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat semakin bergantung pada teknologi dan koneksi internet untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“BEO itu adalah salah satu even expo penjualan lewat daring. Karena saat ini belum ada even-even expo di Kota Batam yang menganut sistem startup atau marketplace. Tujuannya utamanya untuk membantu UMKM yang ada di Kota Batam di masa Covid-19 ini,” ujar Viliiana.

Kata dia, sistem penjualan tersebut nantinya melalui sosial media seperti Instagram dan Facebook untuk memudahkan transasksi pembelian dan penjualan.

“Jadi teman-teman seller (Penjual) atau buyer (Pembeli) itu tidak perlu mendownload aplikasi tambahan di Handphone. Mereka hanya memakai sosial media mereka saja sudah bisa melihat kegiatan-kegiatan even tersebut seperti apa,” bebernya.

“Nanti juga di BEO itu ada live promotion buat seller atau brand-brand yang ingin mempromosikan dagangannya itu kita bikinkan video live promotion selama 45 menit di IGTV kita sebagai alat promosi, jadi kita yang bikinkan videonya tinggal sellernya itu yang ngasih materinya sama kita,” sambungnya

Promosi secara online diharapkan dapat menjangkau pasar-pasar yang lebih luas agar brand-brand UMKM yang ada di Kota Batam dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Untuk pendaftarannya sendiri untuk mengikuti BEO tidak dipungut biaya (Gratis) jadi semuanya kita promosikan di akun media sosial kita gratis akan tetapi dengan syarat ada sistem profit margin dari hasil penjualan dengan harapan bisa menguntungkan kedua belah pihak,” ungkapnya.

Selain itu, untuk seller yang dapat pesanan banyak tentu kita juga akan memberikan reward atau hadiah kepada seller tersebut.

“Jadi cara membeli di BEO tersebut gampang banget yaitu dengan cara menghubungi admin kita yang sudah tertera di setiap postingan seller dan kemudian tinggal tunggu aja barang tersebut sampai kerumah pembeli,” ungkapnya.

Selanjutnya, untuk pembelian terbanyak atau pembeli yang beruntung juga akan mendapatkan hadiah dari BEO berupa Voucher belanja dari harga Rp1 juta- Rp500 ribu dan juga mendapatkan merchandise dari BEO kalau misalnya beruntung.

“Untuk saat ini jumlah seller yang sudah bergabung di BEO sudah mencapai 50-an seller dan tunggu apalagi ayok berbelanja di BEO,” pungkasnya.

(Shafix)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top