Jalin Keakraban, Kapolres Karimun Ngopi Bareng PD IWO Karimun | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Jalin Keakraban, Kapolres Karimun Ngopi Bareng PD IWO Karimun

Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya, S.I.K didampingi Kasat Lantas, AKP Teuku Fazrial Kenedy, SH, S.I.K bersama Pengurus dan Anggota IWO Kabupaten Karimun, saat Ngopi Bareng, Sabtu (19/1/2019) di Morning Bakery Sei Lakam Tanjung Balai Karimun. (Foto/Istimewah)

KARIMUN  – Jalin keakraban dan silahturahmi dengan jurnalis, Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya, S.I.K menggelar Ngopi Bareng bersama Pengurus Daerah dan Anggota Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Karimun, Sabtu (19/1/2019) di Morning Bakery Sei Lakam Tanjung Balai Karimun. Ngopi Bareng itu, Kapolres didampingi Kasat Lantas, AKP Teuku Fazrial Kenedy, SH, S.I.K

Dalam suasana yang santai dan penuh keakraban,  orang nomor satu di Mapolres Karimun itu berharap kepada jurnalis dari berbagai media online yang tergabung di  IWO Karimun agar dapat sebagai pelopor, tanggap dan aktif dalam menolak atau anti  Hoax atau berita bohong , ujaran kebencian (Hate Speach), fitnah, Sara dan provokatif.

“Saya berharap rekan-rekan wartawan, khususnya yang tergabung dalam organisasi profesi iIWO ini dapat memberikan informasi yang positif kepada masyarakat melalui pemberitaan. Anti Hoax, Hate Speach fitnah, Sara dan provokatif,” “sebutnya.

Dalam penyajian pemberitaan kepada publik, sambung Hengky, tentunya harus berimbang dan mengedepankan kode etik jurnalistik dan Undang-undang Pers. Sesuai dasarnya, pers adalah mitra kepolisian dalam penyajian informasi sesuai tugas dan fungsinya sebagai kontrol sosial.

Dikatakan, dengan silaturahmi  melalui Ngobar itu tentunya akan lebih mempererat hubungan silahturahmi yang erat antara Kepolisian dengan pers, yang dalam hal ini juru warta (wartawan). Menurutnya, kegiatan seperti ini, diharap dapat tetap dilakukan guna metingkatkan sinergitas yang lebih baik.

“Kita merupakan mitra jadi harus bersama-sama menjalin komunikasi secara bersinergi. Sehingga segala informasi iebih cepat tersampaikan. Kami juga butuh dukungan serta peran serta dari rekan-rekan wartawan,” pintanya.

Disamping itu, dengan silahturahmi yang dilakukan, diharapkan kepada rekan-rekan media untuk bisa saling bertukar pikiran dalam memberikan informasi yang berimbang. Agar mampu memberikan iklim yang kondusif ditengah-tengah masyarakat di Kabupaten Karimun.

Menyaring segala informasi dengan melakukan cek dan ricek. Agar informasi yang disajikan melalui pemberitaan, sesuai dengan faktanya. Sehingga tidak ada pemberitaan yang menyimpang atau tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Mengingat situasi tahun politik   jelang Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Dengan silaturahmi dan bertatap muka seperti ini, tentunya bertujuan untuk saling bertukar informasi serta menyamakan persepsi terkait pemberitaan. Sehingga tercipta situasi yang kondusif terutama jelang Pemilu 2019,”” tukasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua IWO Karimun yang juga sebagai Redaktur di antarakepri.com, Rusdianto mengatakan, IWO Karimun akan terus berupaya menjaga mutu dan kualitas berita sesuai kode etik jurnalistik dan tetap pada koridor dan tunduk kepada Undang-undang pers.

Untuk itu, pria berkacamata ini menegaskan kepada segenap anggota IWO Karimun tetap berpegang dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, Undang-Undang Persmers serta jaga nama baik IWO.

“Untuk melawan hoax, maka berita yang disajikan seluruh anggota IWO Karimun harus akurat dan sesuai dengan fakta melalui cek dan ricek  Hoax hanya bisa dilawan dengan fakta. Untuk itu, kita harus menyajikan berita fakta, bukan opini,” tegasnya mengakhiri.

 

 

Penulis : Hasian

 

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Terdepan di Kepri

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top