Kodam I/Bukit Barisan Siap Rekrut Personel Komcad Matra Darat – SWARAKEPRI.COM
DAERAH

Kodam I/Bukit Barisan Siap Rekrut Personel Komcad Matra Darat

sosialisasi pembentukan Komcad oleh Kemhan RI di Balai Prajurit Makodam I/BB, Rabu (24/3/2021)./Foto: Pendam I/BB

MEDAN – Kodam I/Bukit Barisan siap merekrut personel Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat dari warga sipil sepanjang tahun 2021 ini.

Hal ini disampaikan Inspektur Kodam (Irdam) I/BB, Brigjen TNI Gamal Haryo Putro yang mewakili Pangdam I/ BB di sela acara sosialisasi pembentukan Komcad oleh Kemhan RI di Balai Prajurit Makodam I/BB, Rabu (24/3/2021).

Pelaksanaan sosialisasi secara tatap muka dilakukan dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta terkait di wilayah Sumatera Utara, serta secara daring dengan seluruh satuan di jajaran Kodam I/BB.

Irdam I/BB menjelaskan, sebanyak 3.500 personel Komcad yang akan direkrut itu, seluruhnya dibagi ke dalam enam batalyon.

Yakni Batalyon Komcad 1,2 dan 3 dilatih di Rindam I/BB Pematangsiantar. Batalyon Komcad 4 dilatih di Yonarhanud 13/WSBY Pekanbaru, Batalyon Komcad 5 dilatih di Secata B Rindam I/BB Sumbar, dan Batalyon Komcad 6 dilatih di Yonif Raider Khusus 136/TS, Batam.

“Lama pelatihan akan disesuaikan dengan ketentuan yang dikeluarkan Kemhan RI, dan untuk teknisnya akan dibicarakan lebih lanjut setelah sosialisasi ini,” jelasnya.

Brigjen Gamal menegaskan, Kodam I/BB akan mendukung penuh pembentukan Komcad Matra Darat ini. Karena ini merupakan kekuatan pengganda bagi TNI dalam upaya pertahanan negara.

Sementara itu, Direktur Sumdahan Ditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI Fahrid Amran mengatakan, Kemenhan dalam beberapa tahun ke depan akan membentuk komponen cadangan di seluruh wilayah Indonesia.

“Teknis pembentukan Komcad ini dilakukan sesuai matra, dan untuk tahun ini difokuskan kepada matra darat,”ujarnya.

Ditegaskan Brigjen Fahrid, Kemhan RI secara konsisten melakukan pengelolaan sumber daya nasional untuk kepentingan rakyat dan terutama pertahanan negara yang bersifat semesta.

“Jadi, pembentukan Komcad ini akan membantu komponen utama pertahanan negara, yakni TNI. Dan diharapkan dengan adanya Komcad ini akan menjadikan pertahanan lebih kuat, disegani dan dihormati bangsa lain di dunia,” pungkasnya.

Turut hadir di acara, antara lain perwakilan dari Pemprovsu dan Poldasu, para PJU Kodam I/BB, LO TNI AL dan TNI AU, Dandim 0201/BS Medan, para bupati/wali kota se-Sumut, pimpinan organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan, serta sejumlah Komandan Menwa dari beberapa universitas di Kota Medan./RD_JOE(r)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top