Komisi IV Tanggapi Permasalahan Antara Manajemen BCH dengan Puluhan Karyawan – SWARAKEPRI.COM
DPRD BATAM

Komisi IV Tanggapi Permasalahan Antara Manajemen BCH dengan Puluhan Karyawan

Ketua komisi iv DPRD Batam Ides Madri ketika melakukan sidak ke rumah sakit Casa Panbil beberapa waktu lalu/foto: shafix Swarakepri.com

BATAM – Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam, Ides Madri memberikan tanggapan terkait perselisihan antara PT. Aman Anugerah Abadi (PT. AAA) selaku pihak manajemen Batam City Hotel (BCH), Lubuk Baja dengan karyawannya akibat dampak Covid-19.

Kata dia, setelah membaca pernyataan serta jawaban dari pihak yang berselisih, maka dalam situasi wabah pandemi Covid-19 ini memang yang paling terdampak adalah sektor usaha jasa (tempat hiburan).

“Sebenarnya ada beberapa langkah yang perlu ditempuh, pertama perlu dilakukan komunikasi dua arah (Bipatrit) antara perusahaan dan pekerja dengan menyampaikan kondisi sebenarnya dari perusahaan saat ini,” ujarnya ketika dikonfirmasi swarakepri, Kamis (21/5/2020) malam.

“Dan langkah apa yang akan diambil, apakah di rumahkan sementara, atau cuti tak dibayar sampai hal terjeleknya pemutusan hubungan kerja (PHK),” sambungnya.

Lanjut kata Ides, di dalam komunikasi tersebut dirinya mengharapkan ada sebuah solusi terbaik untuk kedua belah pihak.

“Akan tetapi kalau komunikasi dua arah (Bipatrit) tidak tercapai maka perlu peran serta pihak ketiga dalam hal ini Disnaker sebagai mediasi,” jelas Ides.

“Dan setelah terbit anjuran dari hasil mediasi tersebut dan tidak dilaksanakan maka masih ada satu ruang hukum lagi yaitu Pengadilan Hubungan Industrial (PHI),” sambungnya lagi.

Dia berharap permasalahan tersebut kalau bisa jangan sampai ke PHI, menurutnya apabila masih tetap berlanjut kedua belah pihak nantinya akan sama-sama merugi.

“Khususnya buat pekerja dan setelah PHI ada keputusan masih bisa juga mengajukan banding ke Mahkamah Agung (MA). Jadi saran kongkrit tetap usahakan komunikasi Bipatrit dengan harapan wabah ini cepat berlalu dan keadaan bisa normal dan karyawan bisa bekerja dan perusahaan tetap eksis,” pungkasnya.

(Shafix)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top