KPU Batam : Seleksi Bacaleg Pakai Sistem Gugur | SWARAKEPRI.COM
Headlines

KPU Batam : Seleksi Bacaleg Pakai Sistem Gugur

BATAM – www.swarakepri.com : Ketua Kelompok Kerja(Pokja) Pencalonan KPU Batam, Zeindra Yanuardi mengatakan bahwa proses seleksi terhadap Bakal Calon Legislatif(Bacaleg) dilakukan dalam lima tahapan dengan sistem gugur.

“Untuk proses seleksi bacaleg ada lima tahap yakni seleksi administrasi, tertulis, kesehatan, psikologi dan wawancara dengan sistem gugur,” ujar Zeindra kepada swarakepri Sabtu(27/4/2013).

Seleksi administrasi sebanyak 593 Bacaleg yang sudah mendaftar ke KPU Batam, menurut Zeindra dilakukan pada tanggal 27-28 April. Sementara untuk seleksi tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2013 mendatang. Sedangkan tes kesehatan telah diagendakan pada tanggal 3-7 Mei.

Untuk tes Kesehatan Bacaleg, Zeindra mengatakan akan dilakukan sesuai dengan aturan KPU yakni riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik oleh Dokter Umum dan penunjang diagnostik yang terdiri dari pemeriksaan mata, telinga, hidung dan tenggorokan(THT) serta kesehatan jiwa.

Selain itu tes kesehatan juga tidak sebatas pemeriksaan fisik, namun akan dilakukan juga tes laboratorium yang terdiri dari hematologi, golongan darah, metabolisme, fungsi hati, fungsi lemak, fungsi ginjal, seriologi, narkoba dan tes urine lengkap.
“Kami juga akan lakukan tes laboratorium, jika diantara mereka tidak lolos tes ini, kemungkinan akan gugur,”jelasnya.

Sementara untuk tes psikologi sendiri akan dilakukan dalam tiga tahapan. Pertama tes tertulis yang akan dilakukan pada 8 Mei, kedua tes wawancara yang akan dilakukan pada tanggal 9-12 mei dan ketiga akan ada dilakukan diskusi kelompok terarah.

”Tes wawancara akan dilakukan oleh tim ahli kami. Namun saya tidak bisa sebutkan apa saja yang akan di tanyakan. Karena itu adalah rahasia,” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa untuk verifikasi berkas bacaleg seperti Ijazah masih dalam proses pemeriksaan dan secepatnya akan segera keluar hasilnya.”Untuk verifikasi Ijaza Baceleg sama-sama kita tunggu hasilnya. Jika sudah tuntas semua, kami akan umumkan hasilnya,”terangnya.

Ketika ditanya kemungkinan adanya bacaleg yang menggunakan Ijajah palsu, Zeindra menegaskan bahwa bacaleg yang ketahuan menggunakan ijajah palsu otomatis tereliminasi.(kelana)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Terdepan di Kepri

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top