Menguak Penyelundupan Rokok Luffman dari Batam(4) – SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Menguak Penyelundupan Rokok Luffman dari Batam(4)

Pelabuhan Roro Telaga Punggur Primadona Penyelundup Rokok Luffman

BATAM – swarakepri.com : Penyelundupan rokok non-cukai merek Luffman produksi PT Leadon International dari Batam juga dilakukan melalui pelabuhan Roll and Roll(Roro) Telaga Punggur.

Pelabuhan ini disebut menjadi primadona para penyelundup karena lemahnya pengawasan dari petugas Bea Cukai yang ada.

Dari hasil investigasi dilapangan, penyelundupan rokok Luffman non-cukai dari pelabuhan roro telaga punggur sudah berlangsung lama dan diduga kuat sudah terorganisir dengan ‎oknum aparat yang ada. Sementara itu modus yang digunakan para penyelundup mengunakan truk dan mobil pribadi.

Salah seorang mantan penyelundup rokok, Ayg membenarkan adanya penyelundupan rokok Luffman non-cukai dari pelabuhan roro telaga punggur.

“Ya, rokok Luffman diselundupkan dari pelabuhan roro dan sudah berkoordinasi dengan oknum aparat BC disana,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Ia membeberkan bahwa modus yang digunakan para penyelundup rokok yang sudah membayar upeti kepada oknum aparat ini mengunakan truk maupun mobil pribadi dengan tujuan Tanjungpinang.

Untuk mengelabui masyarakat, rokok Luffman dibungkus kardus rokok dibalikkan atau memakai kardus rokok merek lain.

“Biasanya memakai truk atau mobil pribadi. Rokok tersebut kita beli langsung dari distributor resmi rokok Luffman,” terangnya.

Dikatakannya bahwa jika stok rokok di distributor dan pabrik lagi kosong, para penyelundup bisa langsung beli di grosir.

“Untung rokok ini besar, tapi karena tidak bisa dijual diluar FTZ, penyelendup main mata dengan oknum aparat,” jelasnya sambil mengaku sudah berhenti menyelundupkan rokok karena tidak kuat menyetor upeti ke aparat yang ada. (red/tim/4)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + six =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top