Mengulik Kejanggalan pada Kemasan Rokok H&D (7) – SWARAKEPRI.COM
BATAM

Mengulik Kejanggalan pada Kemasan Rokok H&D (7)

Rokok H&D bercukai dan rokok H&D tanpa cukai./Foto: dok.swarakepri.com

BATAM-Peredaran rokok H&D semakin menarik untuk ditelusuri. Setelah diteliti lebih mendalam ada beberapa perbedaan yang ditemukan dalam kemasan rokok H&D bercukai dan rokok H&D tanpa cukai.

Dari beberapa perbedaan yang ditemukan dalam dua kemasan rokok berwarna dasar putih tersebut, salah satu yang paling mencolok adalah nama perusahaan produsen rokok yang tertulis dalam kedua kemasan rokok tersebut.

Pada kemasan rokok H&D bercukai tertera diproduksi oleh PT. Adhi Mukti Persada, sedangkan rokok H&D tanpa cukai tertera diproduksi oleh PT. Adhi Mukti Perkasa.

Kode produksi yang tercantum pada label kemasan rokok H&D bercukai menggunakan tanggal, bulan, dan tahun. Namun pada kemasan rokok H&D tanpa cukai hanya bertuliskan kode berupa gabungan huruf dan angka.

Selanjutnya, pada ketebalan kemasan rokok juga terdapat perbedaan rokok H&D non cukai kemasan lebih tebal dari pada rokok H&D bercukai. Pada tulisan angka 18+ bagian kiri atas kemasan rokok H&D juga berbeda tulisan angka 18+. Rokok H&D tanpa cukai angka 18+ dibuat melingkar. Sementara di rokok H&D bercukai angka 18+ dibuat kotak.

Tidak hanya itu, pada bagian kiri bagian tengah kemasan rokok terdapat juga perbedaan ketebalan font tulisan “Tidak ada batas aman! Mengandung lebih dari 4000 zat kimia berbahaya, 43 zat penyebab kanker”. Pada kemasan rokok H&D tanpa cukai font tulisan lebih tebal dibandingkan dari pada kemasan rokok H&D bercukai.

Laman: 1 2

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Tanggapan Disperindag Batam Soal Peredaran Rokok Ilegal – SWARAKEPRI.COM

  2. Pingback: Komisi I DPRD Batam Desak Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Rokok Ilegal – SWARAKEPRI.COM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − nine =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top