Nahkoda KP Orca 3 Tangkap 2 KIA Asal Vietnam di Laut Natuna Utara – SWARAKEPRI.COM
KEPRI

Nahkoda KP Orca 3 Tangkap 2 KIA Asal Vietnam di Laut Natuna Utara

SEBANYAK 21 ABK ASAL VIETNAM DIAMANKAN DALAM PENANGKAPAN 2 KIA DI LAUT NATUNA UTARA (FOTO: IST)

BATAM – Kapal Pengawas KKP, yakni KP Orca 03 dengan Nahkoda Kapten Muhammad Maruf berhasil menangkap 2 Kapal Ikan Asing (KIA) yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal di Laut Natuna Utara.

Penangkapan 2 KIA dilakukan karena terdeteksi melakukan penangkapan ikan secara ilegal pada Senin, 29 Maret 2021. Penangkapan oleh KP Orca 03 dilakukan dengan pengejaran dan penghentian terhadap KIA pertama, yaitu KG 9307 TS.

“KP Orca 03 kemudian melakukan pemeriksaan terhadap KIA berbendera Vietnam KG 9307 TS dan mengamankan 16 orang ABK berkewarganegaraan Vietnam,” terang Sekjen KKP RI, Antam Novambar dalam press conference pada Senin (05/04/2021).

Antam menambahkan, KP Orca 03 juga melakukan pengejaran terhadap 1 unit KIA berbendera Vietnam lainnya bernama KNF 7727 dan mengamankan 5 orang ABK berkewarganegaraan Vietnam.

“KP Orca 03 segera melakukan prosedur pemeriksaan kapal sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan, kedua KIA diketahui melakukan penangkapan ikan ilegal menggunakan alat tangkap terlarang Pair Trawl.

Kedua KIA tersebut di Ad Hoc dan saat ini telah diamankan di Pangkalan PSDKP Batam untuk proses hukum lebih lanjut.

Atas keberhasilan yang diperoleh, Sekretaris Jenderal KKP RI Antam Novambar memberikan penghargaan kepada Nahkoda KP Orca 03 Kapten Muhammad Maruf atas prestasinya dalam melakukan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan dengan menangkap 2 KIA berbendera Vietnam di WPPNRI 711 Laut Natuna Utara.

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top