Pemkab Lingga Gelar Pelepasan Jemaah Haji | SWARAKEPRI.COM
Lingga

Pemkab Lingga Gelar Pelepasan Jemaah Haji

LINGGA – Pemerintah Kabupaten Lingga gelar malam pelepasan Jemaah Haji asal Kabupaten Lingga yang akan diberangkatkan dalam rombongan kelompok terbang (kloter) pertama dan kedua pada. Acara pelepasan yang berlangsung di Masjid Azzulfa Dabo Singkep diawali dengan pembacaan kitab suci Al-Qur’an, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh Jaya Atmajaria, Kabag Kesra Sekretariat Daerah selaku ketua panitia kegiatan pelepasan JCH Kabupaten Lingga, Rabu (04/07/19) malam.

Dalam laporannya Jaya Atmajaria menjelaskan bahwa dasar dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DP) Organisasi Perangkat Daerah Setda Lingga Bagian Kesra nomor 24.01/DPA/I/2019 pada tanggal 3 Januari 2019. Selanjutnya yang juga menjadi dasar pelaksaan kegiatan tersebut adalah SK Bupati Linga tentang pembentukan panitia, narasumber dan nama-nama Jemaah Calon Haji dan Jemaah haji dan penjemputan Jemaah Haji Kabupaten Lingga tahun 2019.

“Kloter pertama akan diberangkatkan ke tanah suci pada tanggal 6 Juli 2019 pada pukul 06:00 WIB dan dijadwalkan akan tiba di Madinah pada tanggal 6 Juli pada pukul 10:35 Waktu Arab Saudi. Sedangkan untuk kloter 28, akan diberangkatkan pada tanggal 1 Agustus 2019 pada pukul 10:10 dan akan tiba pada tanggal 1 Agustus 2019 pada pukul 14:35 Waktu Arab Saudi,” kata Jaya Atmajaria

Dikatakan juga oleh Jaya Atmajaria dalam laporan tersebut, Jemaah Haji kloter satu (1) Gelombang I akan tiba kembali di Tanah Air / Debarkasi Batam pada tanggal 18 Agustus 2019 pukul 11:45 WIB dan Jemaah Haji kloter 28 gelombang II akan tiba di Tanah Air pada tanggal 13 September 2019 pukul 21:20 WIB.

Selanjutnya acara malam pelepasan dilanjutkan dengan pemasangan kacu secara simbolis pada salah Jemaah Calon Haji oleh Wakil Bupati Lingga M. Nizar serta penyerahan bendera dan penyerahan bantuan uang saku dari Pemkab Lingga kepada para Jemaah Calon Haji. Dalam sambutannya M. Nizar menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Lingga yang belum bisa hadir di tengah-tengah mereka, dikarenakan sedang mengikuti acara kedinasan yang tidak diwakilkan.

Kepada para Jemaah Calon Haji yang hadir Nizar mengucapkan selamat menunaikan ibadah dan selalu untuk bersyukur atas nikmat yang telah dilimpahkan Allah Swt, karena diberikan kesempatan oleh Allah untuk memenuhi panggilannya dalam rangka menunaikan rukun Islam tersebut, karena ada sebagian orang di luar sana yang mampu secara fisik dan keuangan, namun belum mendapatkan hidayah dan kesempatan untuk bisa menunaikan ibadah haji. Tak lupa juga untuk selalu menjaga etika dan nama baik Kabupaten dan Negara.

“Marilah menjaga nama harum daerah, menjaga sikap, serta memperbanyak silaturahim selama di Tanah Suci,” kata Nizar.

Diakhir sambutannya Nizar juga berpesan kepada calon jemaah haji untuk senantiasa menjaga kesehatan, jika pada pelaksanaan nantinya merasakan kondisi tubuh yang kurang prima agar segera mengecek kesehatannya.

Untuk diketahui, JCH termuda pada keberangkatan kali ini berasal dari Kecamatan Singkep yang berusia 31 tahun, atas nama Nursalina Raja’I, sedangkan JCH yang tertua adalah Isah Marjak Daud yang berusia 85 tahun asal Kecamatan Singkep Pesisir.

Acara yang dilaksanakan di Masjid Azzulfa Dabo Singkep tersebut juga dihadiri oleh para kepala OPD, Anggota DPRD Kabupaten Lingga, Camat, Perwakilan dari Polres Lingga, para pengurus Ikatan Haji Indonesia, perwakilan dari Kemenag Lingga, Ketua LAM dan Ketua MUI Kecamatan Singkep, serta para Jemaah Calon Haji (JCH) yang berbahagia.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Ruslan
Editor : Rumbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + four =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top