Pimpin Upacara HUT ke-76 TNI AL, Karumkital dr.MDTS Perintahkan Prajuritnya Pedomani Penekanan Kasal dan Tetap Semangat Hadapi COVID-19 – SWARAKEPRI.COM
KEPRI

Pimpin Upacara HUT ke-76 TNI AL, Karumkital dr.MDTS Perintahkan Prajuritnya Pedomani Penekanan Kasal dan Tetap Semangat Hadapi COVID-19

TANJUNGPINANG – Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun(HUT) ke-76 Angkatan Laut Tahun 2021 di Auditorium Gedung Serba Guna(GSG) Pulau Serasan Rumkital dr.MDTS, Tanjungpinang, Kepri, pada Jumat(10/9/2021). Kegiatan ini dilakukan dengan mengikuti aturan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara peringatan HUT ke-76 TNI AL ini sebelumnya direncanakan dilaksanakan di Lapangan Apel RSAL setempat, namun karena situasi yang tidak memungkinkan karena cuaca hujan, sehingga dilaksanakan di GSG.

Upacara dipimpin langsung oleh Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, dengan Komandan Upacara Mayor Laut (K) drg. Novyan Abraham Ning. Dihadiri dan diikuti oleh Wakamed, para Kadep, segenap seluruh personil Militer dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) RSAL setempat.

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan oleh Karumkital mengatakan bahwa sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI AL akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini, tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut.

TNI AL juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Oleh sebab itu, pada peringatan hari jadi ke-76 TNI AL tahun 2021, mengangkat tema: “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

“Meskipun di tengah pandemi Covid-19, diharapkan, prajurit-prajurit TNI AL agar tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari. Mengingat Kekuatan laut yang bertumpu pada SSAT(kapal perang, pesud dan pasukan Korps Marinir serta pangkalan tersebar) supaya selalu siap siaga di seluruh wilayah perairan nusantara, bahkan di daerah operasi perdamaian di bawah bendera PBB,” kata Kasal.

“Karena ketangguhan seperti inilah yang akan menjadi kunci utama bagi kita semua bersama seluruh elemen bangsa, untuk mampu bangkit kembali setelah pandemi sebagai bangsa yang kuat dan terus bertumbuh menuju Indonesia maju,” lanjutnya.

Kasal menekankan untuk dipedomani, diantaranya agar prajurit TNI AL perteguh Keimanan dan Ketaqwaan, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL, karena itu merupakan nafas hidup prajurit Jalasena berjiwa patriot.

Perjuangkan kejayaan TNI AL dengan tekad yang bulat, disertai dengan semangat dan kegigihan dalam melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Jaga sinergitas dan soliditas internal TNI AL, TNI-Polri serta dengan masyarakat selaras dengan semangat kekeluargaan dan persatuan bangsa.
Karena jiwa raga prajurit TNI AL hanya untuk mempertahankan kedaulatan negara, setiap hembusan nafasnya harus berupa pengabdian. Semangat juang dalam hati prajurit TNI AL untuk meraih kejayaan Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe”.

Usai upacara Karumkital dr. Midiyato Suratani bersama seluruh prajurit melaksanakan ramah tamah dengan didahului acara potong tumpeng yang diberikan kepada prajurit termuda dan tertua serta pemberian hadiah kepada prajurit yang berprestasi.

 

Perayaan hari jadi TNI AL tahun ini diperingati oleh RSAL dr. MDTS dengan menggelar sejumlah rangkaian kegiatan aksi sosial, diantaranya, bekerja sama dengan Lantamal IV dengan Tim Relawan Covid 19 melaksanakan program vaksinasi massal yang didalamnya ada pemeriksaan antigen, gula darah, vaksinasi, khitanan massal, pemeriksaan tensi, pembagian masker, pembagian vitamin dan sembako yang diadakan di halaman Yonmarhanlan IV dan Gedung Gong Gong Tanjungpinang,

 

Kemudian bersama Jalasenastri Ranting H Cabang 7 GJM melaksanakan pemberian tali asih dan bingkisan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di areal lokasi RSAL, melaksanakan donor darah dan pembagian vitamin bagi siswa Satdik I Kodiklatal Tanjung Uban.

Bersama keluarga besar RSAL melaksanakan dzikir dan doa bersama di Mushola Ar Rasyid Rumkital dan terakhir melaksanakan upacara militer yang dilaksanakan hari ini, dengan tetap menerapkan disiplin prokes yang ketat. Selama kegiatan berlangsung berjalan lancar dan aman. (MJA/Onasis/Humas Pen RSAL dr. MDTS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top