Puluhan Buruh PT Rock Mogok Kerja | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Puluhan Buruh PT Rock Mogok Kerja

Managemen Abaikan hasil Perundingan Tripartit

BATAM – www.swarakepri.com : Sebanyak 46 buruh PT Rock International Tobacco yang berlokasi di Kawasan Industri
Citra Buana 3 Batam Center melakukan aksi mogok kerja karena upaya perundingan yang diusahakan oleh buruh melalui PUK  Serikat Pekerja Aneka Industri FSPMI tidak pernah ditanggapi pihak managemen, Jumat(10/5/2013).

Ketua PUK SPAI FSPMI PT Rock International Tobacco, Idris kepada swarakepri mengatakan bahwa aksi mogok kerja 46 buruh ini terpaksa dilakukan karena pihak managemen tidak punya itikad baik untuk berunding dengan buruh terkait beberapa tuntutan yang mereka minta.

“Kami sudah tiga kali mengajukan surat kepada managemen untuk mengajak berunding, tapi tidak pernah direspon,” ujar Idris

Ditegaskannya bahwa aksi mogok yang sudah dilaksanakan sejak kemarin(kamis,red) oleh 46 buruh ini menuntut agar managemen menerima hak berunding Serikat Pekerja seperti yang diatur dalam Undang-undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-undang No 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Buruh.

“Kami juga menuntut pihak managemen PT Rock segera merubah status hubungan kerja seluruh pekerja menjadi PKWTT(permanen) sesuai dengan pasal 59 dan 60 Undang-undang No 13 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan,” tegasnya lagi.

Terkait perubahan status pekerja menjadi permanen, menurut Idris sebenarnya sudah keluar  anjuran Disnaker Kota Batam melalui perundingan tripartit yang dilakukan pada tanggal 6 Mei 2013 kepada pihak managemen, namun sampai saat ini pihak managemen masih ngotot dan tidak melaksanakan anjuran tersebut.

Ditambahkan Idris bahwa selama ini pihak managemen telah banyak mengabaikan hak-hak pekerja. Selain masalah kontrak kerja yang melanggar aturan, ratusan pekerja PT Rock Intenational Tobacco juga tidak mendapatkan Jamsostek(Jaminan Sosial Tenaga Kerja).(adi)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top