Sebuah Rumah di Ompang Tanah Sirah Hangus Terbakar | SWARAKEPRI.COM
PAYAKUMBUH

Sebuah Rumah di Ompang Tanah Sirah Hangus Terbakar

Petugas Damkar dibantu warga berusaha memadamkan api, Selasa(26/3/2019)/Foto : Rio

PAYAKUMBUH – Sebuah rumah semi permanen yang berada di RT 3/RW 02 Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara hangus  terbakar pada Selasa(26/3/2019) sekitar pukul 04.15 WIB.

Akibat kebakaran tersebut, selain rumah semi permanen yang diketahui dihuni seorang diri oleh Dalnis (45) atau akrab disapa Del juga menghanguskan sebuah motor milik korban.

“Hanya baju yang tinggo di badan sajo nan tinggo lai Pak. Usai shalat Magrib saya pergi membeli nasi untuk makan malam. Sesampai di rumah saya kaget lilin yang saya bakar, sudah padam dan rumah sudah ruang tamu sudah basah-basah. Sebuah tikar shalat saya sudah terbakar. Hal ini pun saya lengahkan saja,” ujar Dalnis kepada wartawan, Selasa siang.

“Saya sangat kaget, mendadak rumah saya bercuaca panas sekira pukul 04.00 pagi, saya terbangun ternyata api sudah membesar di dalam rumah. Saya mendobrak jendela dan menyelamatkan sapi yang tertambat di kandang, belakang rumah. Sarupo ikolah nasib ambo kini Pak,” terangnya.

Informasi dari tetangga korban, bahwa ada kobaran api dari rumah sepeninggal Dalnis usai Magrib. Tetangga langsung membawa air untuk memadamkan api.

“Awalnya kami kira hanya api unggun. Karena Del sering membuat unggun setiap sore untuk menghalau nyamuk. Karena ada seekor sapi di belakang rumah korban. Api berhasil dipadamkan dengan bantuan 3 unit Damkar. Warga Talawi berhamburan keluar ikut membantu petugas memadamkan api,”terang salah tetangga korban.

Adalah Khaidir, LPM Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) mengutarakan bahwa Dalnis sangat membutuhkan bantuan dari semua pihak. Saat ini Dalnis menumpang di rumah dunsanaknya di kelurahan setempat.

“Kita berharap ada bantuan untuk Dalnis, dari manapun sumbernya, kita siap tampung. Dan masyarakat Talawi siap goro guna membangun kembali rumah warga kita,”ujarnya.

Informasi lain dari Bhabinkantibmas kelurahan OTS, Aipda Ardiman kepada media menyebutkan bahwa hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyidikan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Kerugian materil berupa bagunan dan isinya, diperkirakan Rp 30 juta,”jelasnya.

Diurai Aipda Ardiman, Kronologis kejadian,
sekira jam 19.00 WIB sewaktu Korban mau beli nasi dan lilin masih hidup setelah pulang dilihat saksi Yurnita sedang memadamkan api yang membakar handuk dan sajadah, serta kasur.

Setelah itu korban tidur sekira jam 04.30 WIB. Kembali saksi Yurnita melihat api sudah membakar rumah korban dan saksi langsung membangunkan korban dan menelpon pihak Damkar.

“Api diperkirakan dari kasur kapuk sisa kebakaran siap Magrib yg belum padam,”tandas Ardiman

Terkait penanganan bantuan untuk korban, Lurah OTS, Erizal saat dihubungi media di selulernya menjelaskan bahwa saat ini penggalangan bantuan masih bersifat manual dari warga OTS. Dirinya dan masyarakat berharap bantuan untuk korban dari Pemko Payakumbuh.

“Kita sudah laporkan kejadian ini secara berjenjang. Semoga ada bantuan dari Pemko Payakumbuh melalui dinas terkait. Kita juga akan ajukan permohonan bantuan kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Baznas. Semoga cepat terkumpul dana, dan warga siap untuk goro membangun rumah Dalnis kembali. Terima Kasih kepada warga yang telah membersihkan puing sisa kebakaran,” tandasnya.

Penulis : Rio

Editor : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top