Soal Penyesuaian Upah, Ides: Daerah Mengikuti Pusat – SWARAKEPRI.COM
DPRD BATAM

Soal Penyesuaian Upah, Ides: Daerah Mengikuti Pusat

Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam, Ides Madri./Foto:Shafix

BATAM – Upah Minimum Kota (UMK) Batam tahun 2021 nyaris dapat dipastikan tak bakal mengalami kenaikan. Itu sangat mungkin jika mengacu pada kebijakan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) yang meniadakan penyesuaian upah di tahun ini.

Pro kontra pandangan kebijakan yang dikeluarkan Ida Fauziah ini pun terjadi dibeberapa daerah di Indonesia termasuk Kota Batam. Bahkan beberapa kepala daerah tetap melakukan penyesuaian upah bagi pekerja dengan tidak mengikuti kebijakan Kemenaker.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam, Ides Madri mengatakan bahwa pemerintah daerah terpaksa mengikuti.

“Karena itu merupakan kebijakan pusat maka kita di daerah tidak bisa berbuat banyak selain terpaksa mengikutinya,” kata Idres kepada swarakepri.com, Kamis (12/11/2020).

Dalam kondisi pandemi begini, Idres mengatakan bahwa yang penting daerah dapat menarik inveatasi untuk menjamin penyerapan tenaga kerja. Selain itu juga menjamin perusahaan-perusahaan didaerah tetap berproduksi.

“Yang paling penting sebenarnya bagaimana menarik investor untuk berinvestasi di daerah sehingga bisa banyak menyerap tenaga kerja di saat covid ini dan bagaimana perushaaan yang ada saat ini bisa tetap eksis,” terang politisi Golkar ini.

Kendati demikian Idres memgatakan bahwa Komisinya yang membidangi kesejahteraan masyarakat belum membahas secara internal tentang kebijakan Kemenaker.

Hal itu diketahui saat disinggung mengenai pernyataan anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, M Mustofa dimedia massa bahwa penyesuaian UMK tahun ini wajib dilakukan.

“Kami belum ada rapat di Komisi terkait pandangan terhadap penyesuaian UMK tersebut,” tegas Ides./Shafix

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top