Syafri Sandi : Masyarakat Butuh Ambulans Laut | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Syafri Sandi : Masyarakat Butuh Ambulans Laut

KARIMUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun, Syafri Sandi mengatakan, kebutuhan akan ambulans laut bagi masyarakat di wilayah hinterland sudah sangat mendesak. Ia pun meminta kepada pemerintah daerah agar segera merealisasikannya.

 

“Sebagai wilayah hinterland yang banyak dikelilingi pulau-pulau, fasilitas layanan dasar untuk masyarakat khususnya kesehatan merupakan masalah terpenting yang harus segera dicari jalan keluarnya.
Tentunya dalam hal ini ambulans laut adalah solusi yang paling efektif dan efesien serta mampu memenuhi kebutuhan berobat bagi masyarakat,” ucap politisi PKS ini, Senin (4/1/2016).

 

Menurutnya, hampir semua kecamatan di luar Pulau Karimun seperti Moro, Kundur, Belat, Ungar dan beberapa kecamatan lainnya termasuk Durai merupakan kecamatan yang paling ujung sangat membutuhkan fasilitas tersebut. Jadi,pemerintah daerah segera memperhatikan kebutuhan masyarakat di pulau-pulau yang aksesnya sangat terbatas itu.

 

Kata Syafri seringkali masyarakat yang tinggal di pulau ketika sakit harus dirujuk ke RSUD Karimun. Namun untuk mencapai lokasi rujukan itu masyarakat terpaksa menyewa speedboat ataupun kapal pompong (sejenis kapal kayu bermesin diesel), yang tentu memerlukan biaya cukup mahal.

 

Meski di hampir semua Kecamatan telah tersedia fasilitas Puskesmas, namun itu tidak menjamin akan kebutuhan kesehatan dasar masyarakat. Terlebih bagi yang harus dirujuk ke rumah sakit, ketika fasiltias angkutan laut yang sangat terbatas juga biaya yang tidak sedikit membuat warga rela berhutang dengan angka yang fantastis hanya karena ketiadaan ambulan laut.

 

Kendati masyarakat telah dibarikan kemudahan berobat seperti fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, namun menurutnya saat ini tetap saja persoalan intinya ada pada angkutan laut, dalam hal ini ambulan laut untuk membawa pasien yang akan dirujuk ke RSUD.

 

(red/HK)

 

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Terdepan di Kepri

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top