Tips Merawat Tanaman Hias yang Sedang Digandrungi – SWARAKEPRI.COM
HIBURAN

Tips Merawat Tanaman Hias yang Sedang Digandrungi

ilustrasi/foto: istimewa



JAKARTA-Tanaman hiasdari keluarga talas-talasan seperti Caladium, Monstera, dan Aglonema sedang digandrungi. Selain karena daun yang cantik, tanaman ini pun mudah dirawat.

Tanaman keluarga talas juga dikenal sebagai famili Araceae. Kelompok tanaman ini merupakan tumbuhan monokotil dengan ciri khas bunga majemuk bertipe tongkol.

Sejumlah genus dari Araceae banyak dibudidayakan menjadi tanaman hias, sebagian lain menjadi gulma.

Keluarga talas yang populer saat ini adalah Caladium atau keladi, Monstera yang dikenal dengan sebutan janda bolong, serta Aglonema dengan ciri khas daun berwarna merah. Selain itu, ada pula Rhaphidophora dan Scindapsus.

Peneliti tanaman Araceae dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yuzammi, mengungkapkan bahwa tanaman keluarga talas cukup mudah dirawat.

“Untuk merawat tanam talas-talasan cukup mudah dan tidak perlu perawatan khusus,” kata Yuzammi kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Berikut cara mudah merawat Caladium, Monstera, dan Aglonema.

1. Media tanam lembab

Pastikan media tanam selalu lembap yakni tidak terlalu basah dan tidak juga terlalu kering.

2. Hindari dari cahaya matahari langsung

Tempatkan tanaman talas seperti Caladium, Monstera, dan Aglonema di lokasi yang terhindar dari cahaya matahari langsung. Cahaya matahari langsung dapat menyebabkan tanaman daun terbakar.

3. Buang bagian yang terkena hama

Apabila ada bagian tanaman yang terkena penyakit atau hama segera potong dan buang bagian tersebut agar tidak menyebar ke bagian lainnya.

4. Siram tanaman
Untuk menyuburkan tanaman, keluarga talas dapat disiram dengan air maupun menggunakan pupuk kompos. Yuzammi juga menyarankan menyiram tanaman dengan air cucian beras karena bernutrisi tinggi untuk tanaman talas-talasan.

“Untuk menyuburkan tnm bisa dilakukan secara murah dan mudah adalah dengan menyiramkan tanam secara rutin dengan air cucian beras,” ungkap Yuzammi.

5. Memperbanyak tanaman
Untuk memperbanyak batang dan daun tanaman talas-talasan, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari memanfaatkan umbi, biji, rimpang, stek.

Perhatikan tanaman talas-talasan seperti Caladium, Monstera, dan Aglonema setiap hari untuk memastikan mereka tumbuh dengan baik dan daun-daun yang cantik bermekaran sempurna.





Sumber: CNN Indonesia

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top