Usaha Gelper di Batam Miliki Standar Khusus | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Usaha Gelper di Batam Miliki Standar Khusus

APGEMA : Demi Tata Kelola yang Bertanggungjawab

BATAM – swarakepri.com : Asosiasi Pengusaha Game Elektronik Anak-anak dan Keluarga(APGEMA) telah menetapkan Standar Khusus Industri Arena Permainan Mesin dan Elektronik yang selama ini dikenal dengan istilah “Gelper” di Batam awal januari 2015 lalu.

Ketua APGEMA, Jonni Pakkun mengatakan tujuan dari penetapan standar usaha khusus ini adalah untuk membuat prosedur tata tertib keamanan dan keselamatan pengelolaan usaha arena permainan yang ada.

“Standar usaha ini juga bertujuan memenuhi kebutuhan para pengusaha dengan memberikan pelatihan kerja dan konsultasi sesuai dengan standar usaha khusus yang ditetapkan,” ujar Jonni kepada swarakepri.com (AMOK Grup), Minggu(15/2/2015) di Nagoya Batam.

Standar usaha khusus yang dituangkan dalam surat keputusan APGEMA Nomor 01/APGEMA/SK/I/2015 tersebut mengatur beberapa hal diantaranya lokasi penyelenggaraan, persyaratan khusus berdasarkan kategori lokasi, ruang penyelenggaraan, informasi dan rambu-rambu petunjuk, tata letak didalam ruang penyelenggaraan, jenis dan spesifikasi alat/mesin permainan, managemen, seragam kerja, lisensi, waktu operasional, penjualan koin, tiket dan hadiah, pelayanan, keamanan, kegiatan promosi, penanganan terhadap pelanggaran, pengawasan cctv, audit berkala dan pengembangan standar.

“Pelaksanaan usaha arena permainan elektronik seringkali menimbulkan kontroversi dilapangan. Dengan tata kelola yang baik, obyek wisata usaha arena permainan ini diharapkan bisa menarik wisatawan asing ke Batam,” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa standar usaha khusus dibuat dengan memperhatikan aspek control dan balance, hak dan kewajiban yang adil untuk kepentingan dan kemajuan bersama.

“Kami berharap konsep ini bisa dijalankan sesuai dengan peraturan yang ada agar tidak mudah dimanfaatkan oleh oknum-oknum untuk tujuan yang negatif,” pungkasnya.

(red)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × five =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top