Varian Baru Virus Corona B1525 Ditemukan di Kepri, Ini Penjelasan BTKLPP Batam – SWARAKEPRI.COM
BATAM

Varian Baru Virus Corona B1525 Ditemukan di Kepri, Ini Penjelasan BTKLPP Batam

KEPALA BTKLPP BATAM BUDI SANTOSA (FOTO: IST)

BATAM – Kementerian Kesehatan telah mengungkap temuan satu kasus baru varian corona B1525 di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Selasa (14/04/2021).

Dilansir dari cnnindonesia.com, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut satu kasus itu teridentifikasi pada satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia yang pulang ke Indonesia.

“Iya, ada satu kasus B1525 di Batam spesimen dari Februari ya, dari pelaku perjalanan ya, PMI dari Malaysia,” kata Nadia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (15/4/2021).

Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam, Budi Santosa membenarkan bahwa spesimen tersebut sebelumnya dikirim BTKLPP Batam ke laboratorium Balitbangkes pada 22 Februari 2021.

“Kita memang pernah kirim spesimen untuk diteliti lebih lanjut ke Balitbangkes pada tanggal 22 Februari 2021,” kata Budi kepada Swarakepri.com, Kamis (15/4/2021).

Pengiriman spesimen, dijelaskan Budi, hanya untuk spesimen positif Covid-19 dengan nilai CT kurang dari 29, dengan tujuan untuk diteliti lebih lanjut menggunakan Whole Genom Sequencing (WGM) yang tersedia di laboratorium Balitbangkes.

Ia menegaskan, spesimen yang dikirim berasal dari Pekerja Migran Indonesia yang pulang dari Malaysia. Tetapi spesimen tersebut diterima BTKLPP Batam dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 2 Tanjungpinang.

“Sampel berasal dari PMI yang datang dari Malaysia yang dikirim oleh KKP Tanjungpinang ke BTKLPP,” ungkap Budi.

Meskipun hasil pemeriksaan Balitbangkes baru diketahui, tetapi pasien tersebut sudah sembuh setelah menjalani isolasi. Selama ini, terhadap PMI yang datang dari luar negeri diwajibkan untuk melakukan PCR ulang dan wajib menjalani karantina sampai dengan keluarnya hasil PCR. Jika hasil positif Covid-19, wajib menjalani isolasi sampai dengan sembuh.

“Pasien sudah sembuh,” terangnya.

Ia menerangkan baru ada 1 varian baru corona B1525 yang terdeteksi di Kepri. BTKLPP Batam akan langsung mengirimkan spesimen ke Balitbangkes jika ada temuan spesimen dengan nilai CT kurang dari 29. Namun pada periode Maret – April 2021, belum ada lagi temuan spesimen dengan nilai CT kurang dari 29. (Siska/r)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top