Baju Kurung Teluk Belanga Tempo Dulu Jadi Koleksi Terbaru Museum Batam Raja Ali Haji – SWARAKEPRI.COM
BATAM

Baju Kurung Teluk Belanga Tempo Dulu Jadi Koleksi Terbaru Museum Batam Raja Ali Haji

Baju Kurung Teluk Belanga Tempo Dulu Jadi Koleksi Terbaru Museum Batam Raja Ali Haji, Selasa (15/2).foto: Disbudpar Batam

BATAM – Baju kurung teluk belanga tempo dulu menjadi koleksi terbaru Museum Batam Raja Ali Haji. Baju kurung berbahan kain broket ini, diserahkan oleh pemiliknya Citra Widia, pada Selasa (15/2/2022).

Citra menceritakan, sudah menyimpan baju tersebut selama 20 tahun. Baju ini diberikan nenek untuk ibunya. “Baju ini merupakan baju buyut saya Encek Maiselamah, kakaknya dari Singapura yang membuatnya untuk adeknya,” katanya.

Adapun ciri khas baju ini bagian leher dijahit dengan tulang belut. Ia berharap, adanya baju kurung ini di Museum Batam Raja Ali Haji, menjadi pengetahuan baru bagi pengunjung.

“Muda-mudahan jadi referensi pengunjung bahwa inilah baju kurung zaman dulu,” ucapnya.

Penyerahan baju ini diterima oleh Kepala UPT Museum Batam Raja Ali Haji, Senny Thirtywani, dan Kasubag TU Museum Batam Raja Ali Haji, Muhammad Irzal. Senny mengucapkan terima kasih atas kepercayaan menyerahkan baju tersebut di Museum Batam Raja Ali Haji.

Ia menyampaikan, baju kurung ini akan dipajang di khazanah Melayu. Karena baju kurung ini salah satu pakaian adat dari masyarakat Melayu.

“Kita terus menambah koleksi dari museum,” ucapnya.

Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengapresiasi atas koleksi terbarunya dari museum pertama di Kota Batam. Ia mengimbau bagi masyarakat yang memiliki benda bersejarah bisa menitipkan di museum.

“Museum kita memiliki 13 khazanah mulai dari Batam sejak zaman Kerajaan Riau Lingga, Belanda, Temenggung Abdul Jamal, Jepang, masa Kemerdekaan Indonesia, Pemerintah Kabupaten Kepri, Otorita Pertama, era BJ Habibie, Kota Administratif, masuk Sejarah Astaka, Khazanah Melayu, dan infrastruktur atau era Batam sekarang,” pungkasnya./Disbudpar Batam

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2023

To Top