Indonesia Telah Keluar dari Jebakan Resesi Ekonomi – SWARAKEPRI.COM
NASIONAL

Indonesia Telah Keluar dari Jebakan Resesi Ekonomi

Gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis, 5 Agustus 2021. (Foto: Ajeng Dinar Ulfiana/Reuters)

Pemerintah disarankan mengeluarkan kebijakan yang seimbang agar pengendalian pandemi COVID-19 dan perekonomian bisa berjalan beriringan.

JAKARTA — Indonesia akhirnya bisa keluar dari kondisi resesi ekonomi. Kepala Badan Pusat Statisitik (BPS) Margo Yuwono mengungkapkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal-II 2021 mencapai 7,07 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu atau year on year (yoy).

Ia menjelaskan perekonomian Indonesia pada kuartal-II 2021 ini, yang diukur berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku (ADHB), bernilai sebesar Rp4.175,8 triliun, sementara bila dilihat dari atas dasar harga konstan (ADHK) tercatat Rp2.772,8 triliun

“Secara Q to Q artinya secara triwulan-II tahun 2021 kalau kita bandingkan terhadap triwulan-I 2021 perekonomian Indonesia tumbuh 3,31 persen. Sedangkan kalau kita bandingkan pada triwulan-II 2020 atau secara yoy perekonomian Indonesia tumbuh 7,07 persen. Kalau secara kumulatif artinya dari Januari-Juni 2021 terhadap Januari-Juni tahun 2020 perekonomian Indonesia tumbuh 3,10 persen,” ungkap Margo dalam telekonferensi pers, di Jakarta, Kamis (5/8).

Membaiknya perekonomian ini, katanya, didorong beberapa faktor, di antaranya perekonomian global yang mulai positif. Hal ini terlihat dari peningkatan purchasing managers index (PMI) dan kenaikan harga komoditas makanan dan harga komoditas hasil tambang pada pasar internasional,

Margo mengatakan sentimen positif ini juga datang dari beberapa negara mitra dagang utama Indonesia yang perekonomiannya juga membaik, seperti Tiongkok, Amerika Serikat , Singapura, Korea Selatan, Vietnam, Hong Kong dan Uni Eropa.

Laman: 1 2 3 4 5

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2023

To Top