KSOP Kelas I TBK Kampanyekan Keselamatan Belayar dan Pengunaan AIS | SWARAKEPRI.COM
Karimun

KSOP Kelas I TBK Kampanyekan Keselamatan Belayar dan Pengunaan AIS

KARIMUN – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun Kampanyekan Keselamatan Pelayaran dan Sosialisasi Penggunaan Automatic Ifentification System (AIS), Kamis (25/7/2019) di Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun.

Kepala KSOP Kelas I  Tanjung Balai Karimun, Ir Junaidi, MM dalam sambutanya menyampaikan bahwa dengan terbitnya peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 7 Tahun 2019 tentang pemasanagan dan pengaktifan sistem indentifikasi otomatis bagi kapal yang berlayar di wilayah perairan Indonesia.

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada seluruh stakeholder. Sehingga inplementasinya dapat berjalan dengan baik. Kepulauan Riau, termasuk Tanjung Balai Karimun, sambungnya, wilayah terbesarnya adalah perairan.

Dengan hal ini, tentunya transportasi laut merupakan prasarana transportasi vital dan sangat dibutuhkan dalam menunjang terselenggaranya aktifitas pelayaran. Transportasi laut menjadi sarana utama untuk menghubungkan pulau yang satu ke pulau yang lainnya.

Dikatakan, selain pelayaran niaga dengan menggunakan kapal berkapasitas besar, pelayaran rakyat juga merupakan modal transportasi penghubung antar pulau yang sangat penting dan dibutuhkan serta menjadi andalan masyarakat di pulau-pulau di Tanjung Balai Karimun ini, sebagai sarana transportasi antar pulau.

Oleh karena itu, tambahnya, aspek keselamatan dan keamanan pelayaran wajib menjadi perhatian kita bersama. Sebagai wujud nyata dari upaya yang dilakukan, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun.

Untuk meningkatkan aspek pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan angkutan di perairan dengan mengadakan Kampanye Keselamatan Pelayaran melalui Life Jacket kepada para nelayan, pelayaran rakyat di Tanjung Balai Karimun sekaligus sosialisasi penggunaan AIS.

Sosialisasi keselamatan pelayaran yang dilaksanakan pada kesempatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta membudayakan pengunaan alat keselamatan kepada masyarakat.

Ditambahkan, keselamatan pelayaran merupakan tanggungjawab kita bersama. Oleh karenanya tentunya sangat diperlukan sinergitas, kerjasama dan koordinasi antar seluruh institusi terkait serta seluruh stakeholder di wilayah Tanjung Balai Karimun, Batam Kepulauan Riau dan sekitarnya.

Pada kesemptan itu, Junaidi juga menghimbau semua pihak baik operator maupun pengguna jasa agar selalu bersinergi dalam mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran dengan mematuhi aturan-aturan tentang keselamatan pelayaran.

“Saya atas nama KSOP dan seluruh jajaran menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder dan panitia yang terlibat dalam pelaksanaan Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Sosialisasi Penggunaan AIS ini. Semoga apa yang kita lakukan hari ini, kiranya dapat bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya mengakhiri.

 

Penulis : Hasian

 

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top