TMMD Ke-105, Satgas Sosialisasikan Manfaat Bios 44 Untuk Perikanan | SWARAKEPRI.COM
Karimun

TMMD Ke-105, Satgas Sosialisasikan Manfaat Bios 44 Untuk Perikanan

KARIMUN – Setelah penemuan Formula Bios 44 dan dilakukan pengembangan serta inovasi Mikroorganismenya oleh Korem 044 Garuda Dempo (Dempo) Sumatera Selatan (Sumsel) yang bisa dimamfaatkan dalam meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan hingga perikanan, Satgas TMMD Ke-105 Kodim 0317/TBK melakukan sosialisasi pemamfaatan Formula Bios 44, Sabtu (27/7/2019).

Sosialisasi dan penyuluhan pemamfaatan Formula Bios 44 untuk perikanan itu, dilaksanakan Satgas TMMD (Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa) kepada petani tambak ikan yang ada di Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, Kepri. Sosialisasi pemamfaatan dan perkenalan Formula Bios 44 itu, mendapat respon dan sambutan baik dari para petani budidaya ikan yang ada di Desa tersebut.

“Penyuluhan pemamfaatan Formula Bios 44 kepada para petani dan peternak atau pembudidaya ikan ini, disambut baik oleh warga. Hal itu, terbukti dari antusisanya para petani yang mengikuti kegiatan ini,” terang Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0317/TBK, Lettu Kav Tatang.

Dijelaskan, Bios 44, awalnya ditemukan dan dikembangkan oleh Korem 044 Gapo Sumsel untuk menangani kebakaran hutan yang kerap melanda wilayah itu. Namun seiring dilakukan pengembangan terhadap Mikroorganismenya, Bios 44 dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil pertanian, perkebunan hingga perikanan.

Karena, keunggulan dari Bios 44 yang berbentuk cairan itu memiliki kemampuan untuk menetralisir kadar asam air, sebutnya, tentunya akan sangat cocok digunakan para petani untuk membudidaya ikan. Baik menggunakan tambak maupun kolam. Selain budidaya ikan, Bios 44 juga mampu meningkatan produktifitas hasil perkebunan dan pertanian.

Baik untuk tanaman dan Tanah lahan yang akan digunakan untuk bercocok tanam. Hal itu tentunya sudah teruji melalui tahapan-tahapan penelitian ataupun praktek daripada ahlinya. Bahkan hasilnya, Formula Bio 44, memiliki keunggulan yang mampu mengurai lahan eks tambang menjadi lahan layak ditanami.

“Bios 44 ini, mampu membuat air kolam atau tambak tempat pemeliharaan ikan tetap bersih tanpa harus mengganti secara rutin dan hasil budidaya ikan bisa meningkat. Sehingga dapat membantu meringankan biaya pakan dan mempercepat waktu panen ikan bagi peternak atau pembudidaya ikan,” tambahnya.

Sosialisasi pemamfaatan Bios 44 kepada para petani pembudidaya ikan itu, paparnya, juga merupakan salah satu kegiatan pelaksanaan program TMMD yang Ke-105 oleh Kodim 0317 Tanjung Balai Karimun tahun 2019 dibidang sasaran non fisik. Diharapkan, dengan pelaksanaa. sosialisasi pemamfaatan Bios 44 itu, dapat meningkatkan serta menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat Desa Pongkar dibidang perikanan.

 

Penulis : Hasian

 

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top