TNI-Polri Kibarkan Merah Putih di Pulau Terluar Karimun | SWARAKEPRI.COM
Karimun

TNI-Polri Kibarkan Merah Putih di Pulau Terluar Karimun

Personil Gabungan TNI-Polri, Pemda dan instasi vertikal serta instansi lainya saat membentangkan bendera sang saka Merah Putih usai pengibaran, Rabu (14/8/2019) di Tokong Hiu Kabupaten Karimun-Kepri. (Foto/Hasian Sinaga)

KARIMUN – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Negara Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019, TNI-Polri, Pemkab Karimun dan instansi vertikal dan terkait lainya, mengibarkan bendera sang saka Merah Putih di pulau terluar Karimun, Rabu (14/8/2019) di Tokong Hiu Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riaua (Kepri).

Selain mengibarkan, bendera Merah Putih sepanjang 200 Meter x 60 Centimeter (CM) juga dibentangkan dilokasi tersebut. Pengibaran bendera di pulau terluar itu, dihadiri dan diikuti oleh Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya, S.I.K, Komandan Kodim (Dandim) 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro dan Bupati Karimun yang diwakili oleh Asisten I Pemkab Karimun, M Tang.

M Tang,bAsisten I Pemkab Karimun mengatakan, tas nama pribadi dan pemerintah, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI-Polri dan instansi terkait lainya yang turut bersama-sama melaksanakan kegiatan pengibaran bendera di salah satu pulau terluar Kabupaten Karimun, Tokong Hiu dihari HUT RI yang Ke-74 ini.

Dukungan pemerintah terhadap pengamanan pulau terluar Tokong Hiu, tentunya karena dilandasi semangat dan kebersamaan serta kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah (Pemda) dengan TNI-Polri serta instansi lainya. Saling bahu membahu dab tetap secara bersama-sama dalam membangun segala sarana maupun prasarana fisik yang ada meski masih dalam keterbatasan. Sehingga pulau terluar kita ini, tetap dapat terjaga sebagai lambang keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dikesemptan yang sma, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tanjung Balai Karimun, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro menyebutkan, seperti yang kita ketahui, di pulau Tokong Hiu ini, terdapat satu titik refrensi yang kita miliki sebagai refrensi penentu batas NKRI dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Disini, sambungnya, terdapat salah satu pos yang berada dibawah jajaran Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK) yaitu, Pos Angkatan Laut (Posal) Tokong Hiu. Posal Tokong Hiu ini, berfungsi sebagai wadah mengawasi 24 jam setiap harinya dan melaksanakan pengamatan terhadap lalulintas di Selat Malaka maupun Selat Singapura.

“Disini terdapat 8 personel yang mengawaki Posal Tokong Hiu yang selalu menjaga apabila ada aduan-aduan dari pengguna laut dan kemudian meneruskan ke Mako Lanal TBK untuk kita tindak lanjuti. Apabila Lanal TBK tidak mampu, kita juga akan tetap berkoordinasi dengan Komando Armada RI 1 yang nantinya akan mengalokasikan unsur-unsur KRI yang nantinya akan melakukan patroli rutin di Selat Malaka maupun Selat Singapura,” tambahnya.

Kegiatan ini, terang Catur, merupakan inisiasi kita bersama. Baik dari pemerintah kabupaten, Kodim 0317/TBK, Polres Karimun, Bea Cukai maupun Lanal TBK sendiri yang kebetulan memiliki pos Lanal ditempat ini. Karena, hal ini merupakan tanggungjawab kita bersama. Kita harus menunjukkan eksitensi kita. Terutama unsur-unsur TNI-Polri, Pemda, instansi vertikal dan instansi-instansi terkait lainya yang ada di Kabupaten Karimun.

“Kita menunjukkan eksitensi kita bahwa kita akan tetap menjaga pulau Tokong Hiu. Kemudian untuk kegiatan pengibaran bendera, semoga setiap tahun bisa kita laksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 03!7/TBK. Dikatakan, giat pengibaran bendera yang dilaksanakan di pulau terluar tersebut, jangan dianggap hanya seremonial belaka. Melainkan jadikan sebagai wahana atau sarana dalam menunjukkan eksitensi NKRI dimata dunia.

Dengan kegiatan itu, diharapkan senantiasa bisa menggelorakan semangat-semangat patriotisme, nasionalisme dan semangat bela negara. Sehingga kedepannya, bisa memberikan warisan yang baik bagi generasi-generasi penerus bangsa ini dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Kepal Kepolisian Resor (Kapolres) Karimun, AKBP Hengky Pramudya, S.I.K menegaskan bahwa sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 6 Tahun 2017, wilayah Kabupaten Karimun ada Dua. Yang pertama adalah, pulau Karimun Anak dan pulau Tokong Hiu. Pulau Tokong Hiu sendiri, merupakan pulau terkecil, terluar dan terdepan.

Kegiatan ini, lanjut Kapolres, berlandaskan semangat dan kebersamaan dalam bingkai sinergitas dalam menjaga keuruhan dan kedaulatan bangsa dan negara. Dengan sinergitas yang baik inilah, terangnya melanjutkan, kita hadir, negara hadir. Di Kabupaten Karimun ini, ada pulau perbatasan yang wajib dan menjadi kewajiban kita bersama dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Yang pertama, seperti yang disampaikan Pak Danlanal untuk menjaga potensi-potensi  kerawnan. Yang kedua, secara geogrfis mengantisipasi jangan sampai ada perbuatan tindakan pidana yang seperti hal contoh, penyelundupan, hibesmageling bahkan narkoba. Jadi kita bersemangat untuk merapatkan barisan menjaga NKRI dari pintu yang terdepan. Khususnya Kabupaten Karimun,” tegas Kpolres.

Rully, perwakilan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Khusus Bea dan Cukai Kepri yang turut serta dalam kegiatan itu menyampaikan, dengan terjalinya kebersamaan dan sinergitas yang baik selama inj, sangat memberikan makna dan pesan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa kita harus menjaga sejengkal, setitik tanah air kita dari masuknya barang-barang terlarang dari sisi kepabeanan atau dari penyelundupan narkoba.

Paling tidak, dari diri kita sendiri untuk hadir bersama-sama di negara ini untuk membangun dan membangkitkan lagi semangat kebangsaan kita untuk  memaju dan menjawab serta memberikan kontribusi yang positif untuk lebih baik kedepanya.

“Paling tidak dengan bekerjasama, berkoordinasi dan bersama-sama seperti inilah menjadi kemakmuran Indonesia,” tukasnya.

Upacara pengibaran bendera itu, juga dilakukan deklarasi sinergitas jaga keutuhan NKRI yang diikuti puluhan personil gabungan TNI,-Polri, Pemkab Karimun, Bea dan Cukai, Basarnas, Bakamla serta sejumlah awak media yang ada di Karimun.

 

Penulis : Hasian

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top