173 JCH Kabupaten Karimun Dilepas, Ini Pesan Bupati Karimun | SWARAKEPRI.COM
Karimun

173 JCH Kabupaten Karimun Dilepas, Ini Pesan Bupati Karimun

KARIMUN – Bupati Karimun, Aunur Rafiq didampingi Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim dan Pimpinan DPRD Kabupaten Karimun serta FKPD Kabupaten Karimun, resmi melepas 173 JCH (Jamaah Calon Haji) asal Kabupaten Karimun menuju embarkasi Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (20/7/2019) di Pendopo Rumah Dinasnya di Tanjung Balai Karimun. Pelepasan itu, ditandai dengan prosesi adat Melayu, Tepuk Tepung Tawar.

Irwan Dinovri, Kepala Bagian Kesrjahteraan Kemasyarakatan (Kabag Kesra) Kabupaten Karimun dalam sambutanya memaparkan bahwa jumlah JCH pada musim haji 1440 H/2019 M ini, sebanyak 173 orang yang terdiri dari 68 pria dan 105 wanita serta sudah termasuk TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah). Adapun rincian dari 173 JCH tersebut, sambungnya, 46 orang dari Kecamatan Karimun, 38 orang Meral, 25 orang Tebing.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat melaksanakan prosesi adat Melayu Tepuk Tepung Tawar pada acar pelepasan JCH Kabupaten Karimun, Sabtu (20/7/2019) di Pendopo Rumah Dinasnya. (Foto/Istimewah)

Selanjutnya, 2 orang dari Kecamatan Meral Barat, 36 orang Kundur, 7 orang Kundur Barat,  6 orang Kundur Utara, 3 orang Moro, 3 orang Belat, 2 orang Ungar dan 5 orang dari Kecamatan Durai. Dari total tersebut, JCH Pria tertua, atas nama Muhamad Nuh Djaba usia 82 tahun dari Kecamatan Kundur Utaradan termuda atas nama Muhammad Reval Reyhan Makhfuz usia 29 tahun dari kecamatan Meral.

Sedangkan, JCH wanita tertua atas nama Sarinah Kramadjaja Karja usia 87 tahun dari Kecamatan Kundur dan termuda atas nama Dina Yuni Nazar dengan usia 36 tahun dari Kecamatan Karimun. JCH asal Kabupaten Karimun ini, lanjut Novri, akan diberangkatkan 2 kloter yakni, kloter 17 dan kloter 28 emberkasi Kota Batam.

163 JCH tersebut bergabung bersama JCH Batam dan Bintan di kloter 17 dijadwalkan berangkat pada Minggu 21 Juli 2019 Pukul 10.10 WIB dan diperkirakan tiba di Jeddah pada tanggal yang sama, Pukul 14.35 waktu setempat. Kloter 17, diperkirakan pulang ke tanah air pada hari Senin 2 September 2019 mendatang.

Sedangkan sisanya 10 orang JCH lagi, akan diberangkatkan pada kloter 28 dan bergabung bersama JCH asal Kota Batam, Tanjungpinang dan Provinsi Jambi yang akan masuk embarkasi pada tanggal 31 Agustus 2019 mendatang.  Kloter 28, lanjutnya lagi, akan berangkat pada Kamis 1 Agustus 2019 mendtang Pukul 10.10 WIB dan diperkirakan tiba di Jeddah pada hari yang sama sekitar Pukul 14.35 waktu setempat.

Untuk kepulangan JCH kloter 28 ke tanah air, diperkirakan pada Senin 13 September 2019 mendatang sekira Pukul 21.20 WIB. Seluruh JCH, telah mendapat pembinaan manasik haji dari Kantor Kemenag sebanyak 10 kali. 8 kali di tingkat Kecamatan dan 2 kali ditingkat kabupaten. Selain itu, juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan serta disuntik meningitis dan vaksin influenza.

“JCH berangkat menuju emberkasi Kota Batam menggunakan kapal ferry Batam Line 5 melalui pelabuhan Internasional Karimun,” tutupnya.

Dikesempatan yang sama, dalam sambutan singkatnya Bupati meminta kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Karimun dimanapun berada agar bersama-sama mendoakan JCH agar senantiasa Allah SWT memberikan kesehatan, kekuatan serta kemudahan bagi seluruh JCH Kabupaten Karimun dalam menjalankan Ibadah Hajinya. Baik itu sunnah maupun fardhu dan pulang ke tanah air menjadi haji yang mabrur dan mabrurrah.

Kepada para JCH, Bupati juga meminta agar di tanah suci nantinya selalu mendoakan Kabupaten Karimun Bumi Berazam menjadi negeri yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Serta mendoakan masyarakatnya agar selalu dalam lindungan Allah SWT. “Mari kita doakan agar Kabupaten Karimun menjadi negeri yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur serta masyarakatnya selalu dalam lindungaNya,” harapnya mengakhiri.

 

Penulis : Hasian

 

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − ten =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top