Muhammad Soleh Gantikan Posisi Irman Gusman – SWARAKEPRI.COM
NASIONAL

Muhammad Soleh Gantikan Posisi Irman Gusman

JAKARTA – Anggota DPD RI dari Provinsi Bengkulu Muhammad Soleh terpilih sebagai Ketua DPD RI setelah meraih suara tertinggi, 61 suara, dengan mengalahkan dua pesaingnya, Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan Farouk Muhammad.

 
Pemilihan Ketua DPD RI berlangsung dalam forum rapat paripurna luar biasa yang dipimpin oleh anggota DPD RI tertua Maimanah Umar (Riau) dan didampingi anggota DPD RI termuda Riri Damayanti (Bengkulu), di Ruang Nusantara V Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Selasa (11/10/2016).

 
Muhammad Soleh di luar dugaan mengalahkan dua Wakil Ketua DPD RI, yakni Gusti Kanjeng Ratu Hemas yang meraih 31 suara serta Farouk Muhammad yang memperoleh 23 suara dari 116 pemilih anggota DPD RI.

 
Proses pemilihan berlangsung lancar dan relatif tidak ada interupsi seperti menjelang pemilihan tahap pertama saat memilih calon pimpinan DPD RI dari Indonesia barat.

 

 

Berdasarkan tata tertib DPD RI, setiap anggota DPD berhak memilih satu nama calon ketua dengan cara melingkari salah satu di antara tiga nama calon.

 

Pemilihan dilakukan melalui mekanisme pemungutan suara secara tertutup. Penitia pemilihan memanggil nama anggota satu per satu untuk mengambil surat suara, melingkari satu nama pilihannya dalam bilik suara, dan kemudian memasukkannya dalam kotak suara.

 

Pada penghitungan suara yang langsung lancar, Muhammad Soleh terpilih sebagai Ketua DPD RI dengan memperoleh 61 suara.

 

Sebelumnya, pada pemilihan tahap pertama, yakni pimpinan DPD RI dari Indonesia barat, Muhammad Soleh di luar dugaan meraih suara tertinggi, yakni 59 suara dari total 117 suara.
Pada pemilihan tahap pertama tersebut, Muhammad Soleh mengungguli 10 calon pimpinan lainnya.

 

 

ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top